Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KETUA Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yunarso, mengingatkan para orang tua akan bahaya penyakit yang mengintai anak-anak pasca Lebaran.

Berbagai aktivitas libur Idul Fitri seperti mengonsumsi berbagai hidangan lezat, kue kering, kue basah, camilan, dan makanan lainnya selama berhari-hari, perjalanan mudik atau ke tempat wisata yang sangat melelahkan, bisa saja membuat daya tahan tubuh anak melemah. Akibatnya, anak rentan terserang batuk maupun pilek.

“Di tempat mudiknya, anak-anak pasti mengalami perubahan situasi lingkungan, tempat tinggal, dan perjalanan yang melelahkan. Tentu saja ini bisa berpengaruh terhadap daya tahan tubu, sehingga mudah terserang berbagai penyakit,” kata dr Piprim.

Penyakit lain yang mungkin saja diderita anak pasca libur Lebaran adalah:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Konstipasi
  • Infeksi saluran pernapasan atas

Mengembalikan imunitas anak

Libur Lebaran usai, waktunya Bunda untuk mengembalikan imunitas anak agar penyakit pasca libur hari raya tidak singgah di tubuh anak. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan, di antaranya:

  1. Berikan makanan bergizi, seperti sayur dan buah kaya fitonutrien misalkan wortel, jeruk, kacang hijau, dan stroberi. Antioksidan dalam makanan membantu mengurangi peradangan dengan mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak, penting untuk minum air putih sebagai kebiasaan yang baik bagi anak sejak dini.
  3. Pastikan istirahatnya cukup, kurang tidur dapat menghambat produksi sitokin, yaitu protein yang berfungsi untuk melawan infeksi dan menghentikan peradangan.
  4. Ajak anak berjemur untuk merangsang produksi vitamin D.
  5. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama menjaga kebersihan tangan.
  6. Ajak berolahraga, karena pada saat berolahraga sitokin pro dan antiinflamasi dilepaskan, sedangkan sirkulasi limfosit meningkat sehingga membentuk sel imun yang lebih kuat.
  7. Jika perlu, berikan vitamin C. Ahli gastroenterology anak Kadakkal Radhakrishnan, MD menjelaskan, vitamin C bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Nah Bunda, itu beberapa cara untuk mengembalikan kekebalan tubuh anak agar tidak rentan terhadap penyakit usai sepekan lebih menikmati liburan. Pastikan anak Bunda terjaga kesehatannya, ya!




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting