Kegiatan Literacy & Fun Science di SDN Jagakarsa 05 Pagi/ @perpus.jaksel
Kegiatan Literacy & Fun Science di SDN Jagakarsa 05 Pagi/ @perpus.jaksel
KOMENTAR

SUKU Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (PUSIP) Kota Jakarta Selatan menggelar road show Literacy & Fun Science ke sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan wisata literasi, ratusan siswa mengikuti kegiatan berupa pengenalan perpustakaan, pengenalan mobil pustaka (MOKA), mendengarkan dongeng, dan percobaan sains sederhana yang mudah diikuti anak-anak.

Dari sejumlah sekolah yang didatangi Sudin Perpustakaan Jakarta Selatan, para siswa mengikuti rangkaian acara dengan antusias.

Menurut Kasudin PUSIP Jakarta Selatan Evita Dwi Seiverda, acara Literacy & Fun Science diharapkan menjadi sarana belajar sambil bermain bagi para siswa. Dan antusiasme siswa

Literacy & Fun Science menjadi sebuah kegiatan yang cocok diaplikasikan oleh para guru di sekolah maupun orangtua di rumah.

Sejak pandemi COVID-19 melanda tahun 2020, para orangtua dan guru dipaksa beradaptasi dan berimprovisasi dalam kegiatan belajar mengajar. Sangat penting untuk menjaga mood anak-anak agar tetap bersemangat meski harus menjalani PJJ maupun PTM dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan Literacy & Fun Science yang diadakan Sudin Perpustakaan Jakarta Selatan ini merupakan aksi nyata untuk mengajak anak-anak mencintai literasi sejak dini.

Tak hanya mendukung kemampuan menulis dan membaca, anak-anak juga diperkenalkan kepada pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tentu melalui aktivitas yang menyenangkan.

Kemampuan literasi memang harus ditumbuhkan sejak dini.

Jika anak sudah mampu membaca dan menulis disertai cukup pengetahuan tentang sebuah bidang, maka anak kelak diharapkan memiliki filter saat berhadapan dengan lautan informasi. Filter itulah yang membuatnya mampu membedakan mana informasi yang valid dan mana yang hoaks.

Menyambut Hari Literasi Internasional setiap tanggal 8 September, tantangan akan pemahaman literasi memang menjadi hal urgen di tengah zaman teknologi informasi sekarang ini.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News