KOMENTAR

AIR kelapa dari dulu dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengatasi demam, keracunan makanan, menurunkan gula darah, mencegah batu ginjal, hingga mendukung kesehatan jantung.

Tidak sampai di situ, air kelapa ternyata juga mampu menyehatkan rambut. Mengutip Halo Doc, komposisi elektrolit yang terdapat dalam air kelapa muda; yaitu kalium, natrium, dan magnesium; mampu menghidrasi rambut.

Asam laurat, yaitu asam lemak antibakteri pada air kelapa dapat meningkatkan kelembutan dan kelembapan pada helai rambut yang kering.

Berikut ini sejumlah manfaat air kelapa bagi kesehatan rambut:

  • Menguatkan rambut dan merangsang kulit kepala.
  • Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
  • Memperkuat untaian rambut dan membuatnya lebih tebal.
  • Memperbaiki rambut rusak dan mengurangi ketombe.
  • Mengatasi rambut kusut dan melembutkannya.

Buat kamu yang memiliki rambut keriting dan tipis, sebenarnya penggunaan minyak kelapa baik untuk menjaga kesehatan rambut. Hanya saja, tekstur minyak kelapa sangat berat, sehingga disarankan untuk memakai air kelapa saja.

Caranya:

  • Gunakan air kelapa muda sebagai bahan bilas atau mengoleskan airnya langsung ke kulit kepala.
  • Tambahkan air kelapa muda pada shampoo atau kondisioner.
  • Jadikan sebagai semprotan hidrasi yang bisa digunakan setiap hari. Cara membuatnya, campurkan air kelapa muda dengan air biasa, secukupnya. Lalu semprotkan pada rambut dan kulit kepala yang basah, sebelum menyisir rambut.
  • Rutin konsumsi air kelapa untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Antioksidan, asam laurat (asam lemak), sitokinin (protein), serta vitamin dan mineral esensial seperti potasium, magnesium, zat besi, dan vitamin B, bekerja paling efektif dalam aliran darah.

Nutrisi ini mendukung sel-sel membentuk folikel yang kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kebiasaan sehari-hari juga bisa mendukung kesehatan rambut. Caranya, lindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Gunakan penutup kepala, seperti topi, setiap kali hendak keluar rumah.

Kemudian, pilihlah sisir sesuai dengan jenis rambut. Misalnya, bristle brush yang berbentuk seperti sikat dengan gigi sisir yang renggang, tipis, dan tumpul di bagian ujungnya. Sisir seperti ini sangat cocok untuk jenis rambut kusut.

Kemudian, rajinlah memotong ujung rambut dan selalu gunakan kondisioner.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health