KOMENTAR

DALAM rangka perayaan Ulang Tahun yang ke-39, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta mengadakan Dekranasda Week Festival (DWF) 2022 dengan tajuk Berkarya Bersama Perajin Jakarta, yang berlangsung dari tanggal 31 Agustus 2022 sampai dengan 4 September 2022 yang bertempat di Lantai G , Mall Gandaria City , Jakarta Selatan.

Acara yang terdiri dari serangkaian kegiatan  seperti talkshow, tari-tarian, fashion show dan demo produk serta pameran yang diikuti oleh 45 perajin dari berbagai wilayah DKI Jakarta serta Kepulauan Seribu yang lolos kurasi, merupakan hasil kolaborasi dengan beberapa pihak diantaranya, Ibu.Ibukota Awards, Bank Indonesia, JakPreneur, Forum of Smalll Medium Economics AFRICA ASEAN (FORSEEAA) dan Jakarta Crative Hub.

DWF 2022 hadir sebagai wujud dari komitmen Dekranasda DKI Jakarta untuk membina perajin sekaligus mendekatkan masyarakat untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan para perajin yang tetap berinovasi meski diterpa pandemi.

Pada acara pembukaan DWF 2022 pada tanggal 31 Agustus 2022 dihadirkan fashion show  yang diikuti oleh beberapa perajin batik dan kebaya yang terdiri dari : Batik Marunda, Galeri Rara & Batik Firdaus, Roemah Kebaya Vielga, Rumah Betawi, Njonjah Poenja, Batik Kebaya dan Semilir Jakarta Utara

Dalam konferensi persnya, Ibu Fery Farhati selaku Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa Dekranasda merupakan organisasi yang mewadahi para perajin di Jakarta yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan keragaman produknya agar dapat bersaing ke tingkat internasional.

Di usianya yang ke-39, Dekranasda sudah memiliki 470 perajin yang berasal dari DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu yang tergabung ke dalam Sistem Informasi Perajin, yang berisi database digital yang berfungsi untuk mengenali dan memudahkan para perajin mendapatkan informasi mengenai pelatihan, kemitraan serta kegiatan-kegiatan yang ada di Jakarta untuk dapat membantu mereka melakukan pameran (showcasing) hasil karyanya.

Pada kesempatan tersebut Ibu Fery Farhati juga mengajak para perajin di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu yang belum tergabung ke dalam Dekranasda dapat mendaftar  secara online melalui tautan yang berada di salah satu sorotan instagram @dekranasdadkijakarta agar dapat merasakan manfaat dari digitalisasi database perajin tersebut.

“Jadi kita sudah memiliki database digital terkait perajin-perajin  yang ada Dekranasda DKI Jakarta. Jika ada perajin yang belum daftar, silakan daftar secara online. Informasinya bisa dilihat di Instagram @dekranasdadkijakarta, ada di salah highlightnya.” jelas beliau.

Dalam kesempatan yang sama, Elisabeth Ratu Rante Allo,Ketua Bidang Pemasaran dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa penyelenggaraan DWF 2022 adalah salah satu wujud partisipasi Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong pelestarian budaya Betawi melalui karya kreatif. Serangkaian kegiatan yang dilakukan tak lain bertujuan untuk mendukung Perajin Jakarta dalam mempromosikan karyanya melalui pameran produk kerajinan yang dikemas berbeda.

Handaka Santosa, selaku CEO Sogo Indonesia juga menyampaikan bahwa melihat kualitas  barang yang diproduksi dari para perajin di Dekranasda beliau optimis bahwa barang-barang tersebut  memiliki nilai komersil tinggi yang dapat meningkatkan marketshare yang lebih besar. Untuk itu beliau berharap agar para perajin tidak cepat puas dan terus bergerak mengembangkan usahanya.

Di sela perbincangan Ibu Fery Farhati juga menyelipkan informasi bahwa Dekranasda akan mengadakan lomba foto kerajinan Jakarta bertema Potret Kerajinan Jakarta yang dapat diikuti masyarakat umum dan akan dilaksanakan di Kota Tua pada akhir bulan September 2022.

Sebagai penutup Ibu Fery Farhati mengharapkan masyarakat dapat mendukung dan mengapresiasi karya para perajin DKI Jakarta dengan cara membeli produk mereka, karena para perajin merupakan penggerak ekonomi dan penyambung budaya.




Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Sebelumnya

Mahasiswa LSPR Gelar “Pesta Edas”, Tampilkan Ragam Kebudayaan dan Kesenian Khas Kampung Seni Edas Bogor

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E