KOMENTAR

PERTENGKARAN dalam rumah tangga adalah hal yang biasa. Baik suami maupun istri sama-sama bisa melakukan kesalahan. Hanya saja, sedikit dari suami yang sadar, bahwa ia telah melakukan hal yang menyakiti pasangannya.

Mau berkata jujur, takut semakin memperkeruh suasana. Disindir, tidak juga merasa. Serba salah jadinya, dan akhirnya semakin memperkeruh suasana rumah tangga.

Daripada terus-terusan bete karena sikap pasangan yang cuek, tidak sadar bahwa ia sudah melakukan kesalahan, coba lakukan beberapa hal ini. Tips di bawah ini bisa bikin pasangan sadar akan kesalahannya.

  • Menjaulah sebentar

Saat kamu ingin pasangan menyadari kesalahannya, cobalah menjauh sebentar. Berikan ia waktu untuk mengintrospeksi diri dan saat mulai sadar, ia akan menanyakan alasanmu menjauh. Kamu bisa membuatnya berpikir lebih dulu, tapi jika belum menemukan jawabannya, beri sedikit bocoran atau petunjuk, sampai ia tahu apa kesalahannya.

  • Tenang dan jangan membantah

Saat berdebat, cobalah bersikap tenang dan jangan membantahnya. Biarkan ia selesai dengan semua ucapannya, setelah selesai ajak berdiskusi. Jelaskan secara perlahan tentang kesalahannya dan berikan petunjuk-petunjuk kecil.

  • Jangan ungkit kesalahan masa lalu

Jangan pernah membicarakan kesalahannya di masa lalu, fokuslah hanya pada apa yang dilakukannya. Jika ingin membahasnya, tunggu waktu yang tepat karena pasanganmu tidak akan bisa menampung semuanya dalam waktu yang bersamaan.

  • Ubah gaya

Cobalah untuk sedikit mengubah gaya menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. Lama-kelamaan, pasangan akan sadar bahwa ada yang berbeda darimu. Dan tentu, ia akan melihat ke dirinya sendiri, apa ada yang salah darinya, hingga kamu berubah.

Saat pasangan melakukan kesalahan, jangan hanya terfokus pada dirinya, tapi fokuslah pada diri sendiri. Perbaiki kekurangan diri jauh lebih baik untuk membuat pasangan menjadi peka dan kemudian sadar akan kesalahannya.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family