Taburi bedak agar rantai kalung menjadi licin dan mudah diurai/Net
Taburi bedak agar rantai kalung menjadi licin dan mudah diurai/Net
KOMENTAR

PEREMPUAN yang punya perhiasan kalung, pasti pernah menemui permasalahan rantai kalung yang kusut. Alih-alih ingin mengurai rantai, tapi justru membuat rantainya putus.

Kalau sudah begini, satu-satunya jalan adalah membawa kalung yang sudah putus tadi ke toko emas, lalu menggantinya dengan yang baru.

Sebenarnya, mengurai rantai kalung yang kusut ada teknik dan cara yang cukup mudah. Ada 5 bahan yang bisa kamu pakai untuk melepaskan rantai yang kusut. Dan hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melepas kaitannya.

1. Pakai Baby Oil atau Minyak Zaitun

Kedua minyak ini aman digunakan untuk perhiasan dan tidak akan merusak warnanya. Minyak ini akan membuat rantai menjadi licin dan mudai diurai.

Cara menggunakannya, oleskan beberapa tetes minyak ke kalung atau perhiasan yang kusut. Kemudian, lepaskan belitannya secara perlahan. Setelah terlepas, bersihkan kalung dari sisa minyak. Caranya, rendam kalung pada campuran air sabun. Bilas hingga bersih, lalu keringkan dengan tisu.

2. Bedak Bayi

Taburkan bedak bayi pada rantai yang kusut, lalu lepaskan sambil digesek-gesek secara perlahan. Bedak akan mengurangungi risiko gesekan, sehingga ikatan akan lebih mudah dibuka.

3. Peniti atau Jarum

Ambil satu buah peniti atau jarum, lalu masukkan ujungnya yang runcing ke belitan kalung yang kusut. Goyang-goyangkan jarumnya sampai belitannya terlepas. Agar lebih mudah, taburkan bedak terlebih dulu.

4. Semprotan Pembersih Kaca

Sama dengan minya, semprotan ini juga aman untuk perhiasan. Caranya, letakkan perhiasan dalam wadah seperti gelas, lalu semprotkan cairan pembersih kaca. Goyangkan wadah agar lilitannya mudah dilepas. Selanjutnya, pilin lilitannya dengan jari. Setelah lepas, jangan lupa membersihkan kalung dengan air sabun yang lembut dan keringkan dengan bantuan tisu.

5. Obeng

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan bantuan obeng. Siapkan alas yang tebal dan letakkan kalung di atasnya. Tusukkan bagian tajam obeng ke tengah-tengah kalung yang kusut. Goyangkan obeng sampai lilitannya melonggar. Lalu, gunakan jari untuk memisahkannya.

Itulah cara mudah untuk membetulkan kalung yang kusut. Cara ini juga bisa kamu pakai pada perhiasan model rantai yang mudah kusut. Selamat mencoba, ya!




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Mouna by Falasifa, Modest Wear Sporty-Casual yang Lahir dari Kedalaman Spiritual

Berikutnya

KOMENTAR ANDA