Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ISTIGHFAR pada hakikatnya bertaubat dari segala dosa dan kesalahan. Dengan beristighfar kita merendahkan diri di hadapan Allah Subhanahuwata’ala dan beriman bahwa ada pembalasan di hari akhir.

Istighfar akan menghilangkan sifat sombong, takabur dan ujub yang ada pada diri kita, karena menyadari bahwa sebagai manusia, kita penuh dengan kelemahan dan kekhilafan.

Bila dilakukan secara rutin, ada keutamaan yang dapat diperoleh, yaitu :

Menghapuskan Dosa dan Mencegah Turunnya Adzab

Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan. (QS Al Anfal : 3)

Mendapat Kebaikan di Dunia

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS Hud :3)

Menjadi Sebab Turunnya Hujan

“Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa.” (QS Hud : 52)

Doa Terkabul

“dan kepada kaum samud (Kami utus) saudara mereka, Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah, tidak ada tuhan bagimu selain Dia. Dia telah menciptakanmu dari bumi (tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan kepada-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat dekat (rahmat-Nya) dan memperkenankan (doa hamba-Nya).” (QS Hud : 61)

Mendapat Rezeki Berlimpah
"Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS Nuh 10-12)

Urusan Dimudahkan
“Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Mengingat banyak sekali keutamaan yang akan kita peroleh dengan melakukan istighfar,maka sebaiknya kita melakukan hal terserbut setiap saat, agar hati kita semakin terang dan lapang dalam menjalani kehidupan ini.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur