KOMENTAR

SETELAH dua tahun berlalu tanpa kemeriahan, diaspora Indonesia bersemangat menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dan menggelar berbagai acara untuk merayakan HUT RI ke-77 di negara tempat mereka tinggal.

Seperti apa kemeriahannya? Berikut ini di antaranya.

KBRI Seoul, Korea Selatan

Festival Indonesia 2022 di Gangnam menjadi awal kemeriahan HUT RI ke-77 di Korea Selatan. Pada 12 Agustus, kolaborasi antara brand Iwan Tirta Private Collection (maestro batik) dan Kim Seo Ryong (KSR) yang telah berkarya hampir tiga dekade.

Pada 13-14 Agustus 2022, KBRI Seoul telah melaksanakan berbagai kegiatan olahraga dan perlombaan bagi staf KBRI dan keluarga. Mulai dari tenis meja, tenis lapangan, bersepeda, serta jalan santai di sepanjang sungai Han dan taman Yeouido.

Berbagai acara tersebut dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah Korea Selatan.

Upacara penaikan dan penurunan bendera dipimpin Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto. Paskibra yang bertugas terdiri dari pelajar dan pekerja migran di Korea Selatan. (Foto: @indonesiainseoul)

KBRI Ankara, Turki

Kemeriahan hari kemerdekaan sangat terasa di Ankara, Turki dengan direntangkannya bendera merah putih berukuran super besar oleh 30 WNI sambil menyanyikan lagu "Kebyar-Kebyar" sebagai rangkaian kegiatan Festival Merah Putih.

Tak hanya perentangan bendera, ada pula penampilan debus, drama musikal dari 40 mahasiswa Indonesia, peluncuran komunitas Stand Up Comedy PPI Turki, serta Pasar Indonesia yang menjual aneka makanan dan minuman khas Tanah Air. Acara dimeriahkan bagi-bagi hadiah seperti tablet dan tiket PP Indonesia-Qatar dari Qatar Airways.

Seperti dilansir ANTARA, festival yang diadakan KBRI Ankara di Wisma Duta Park tersebut dihadiri 900-an WNI dan Sahabat Indonesia (masyarakat Turki) dari berbagai kota.

Menariknya, sanggar tari Swara Bhineka yang terdiri dari warga Turki unjuk kebolehan menarikan tarian asal Sumatra. (Foto: ANTARA/ KBRI Ankara)

KBRI Moscow, Rusia

Kemeriahan perayaan HUT RI di Moscow, Rusia terasa lewat dua acara yang digelar KBRI yaitu fashion show dan penampilan musik dangdut.

Didahului tarian Nusantara, fashion show menampilkan karya desainer muda Indonesia Adrie Basuki. Rancangan Adrie dipakai para model Rusia dan disaksikan para pengunjung yang didominasi warga Rusia.

Tak hanya fashion show, KBRI Moscow menambah gebyar kemerdekaan dengan bersama Rara dan Hari LIDA. Para penonton tampak asyik berjoget mengikuti lagu-lagu yang dimainkan. (foto: @lida_rara06)

KBRI Caracas, Venezuela

Di Caracas, Venezuela, KBRI setempat mengajak anggota Friends of Indonesia untuk memeriahkan perayaan HUT RI ke-57.

Friends of Indonesia adalah organisasi inklusif yang beranggotakan diaspora dan mereka yang aktif mempromosikan Indonesia ke kancah dunia.

Dubes RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono memastikan lagu "Indonesia Raya" tetap berkumandang di negara yang terletak jauh di belahan dunia lain dengan perbedaan waktu sekitar 11 jam.




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News