post image
KOMENTAR

MENDAKI gunung bisa menjadi pilihan wisata akhir pekan bagi warga ibukota yang sudah penat seminggu penuh berkutat dengan rutinitas pekerjaannya. Udara yang sangat sejuk dari pegunungan, seketika bisa menghilangkan rasa jenuh dan membuat Anda kembali segar..

Tidak perlu pergi jauh atau mencari gunung yang tinggi, cukup datang ke Gunung Bongkok di Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula dan paling pas untuk para pengejar sunrise.

Untuk sampai ke Gunung Bongkok, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalau kamu dari luar Purwakarta, bisa memilih opsi keluar di pintu Tol Ciganea, kemudian ambil jalur ke sebelah kanan.

Setelah sampai, para pengunjung diwajibkan melakukan registrasi dan menyerahkan satu KTP kepada pihak pengelola. Tiket masuknya sebesar Rp 12.000, belum termasuk biaya parkir. Selanjutnya, kamu bisa berjalan kaki atau mendaki menuju puncak Gunung Bongkok.

Jalan menuju puncak Gunung sangat menyenangkan. Udaranya sejuk dan trek ke puncak berupa tanah dan bebatuan. Disarankan untuk memakai alas kaki karet, agar tidak mudah tergelincir.

Beberapa menit mendaki, kamu akan sampai di area Pos II. Lokasi ini sangat nyaman, ada beberapa gazebo untuk beristirahat, ada pula spot selfie dengan latar alam yang menawan. Di sini kamu juga bisa menjumpai monyet liar. Tapi, jangan diganggu dan berhati-hatilah dengan barang bawaan, ya.

Saat lelah hilang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak. Tidak perlu khawatir tersesat, karena ada papan penunjuk arah. Kamu juga bisa didampingi dengan tour guide dan disediakan pula peralatan untuk mendaki.

Sebagai catatan, selama perjalanan tidak ada warung atau pedagang. Jadi ada baiknya kamu menyediakan perbekalan dari rumah atau bisa membeli di warung dekat area parkir.

Tiba di puncak, kamu akan disuguhkan dengan spot menarik, yaitu Watu Tumpuk. Kalau kamu ingin berswafoto di Watu Tumpuk, harap berhati-hati, karena belum dilengkapi dengan pagar pembatas keamanan.

Kalau kamu ingin mendirikan tenda dan kemping di sana, kamu bisa turun dari puncak, karena spot untuk berkemah ada di antara puncak dan Pos II. Nah, dari sinilah kamu bisa mengejar sunrise yang sangat indah.

Gunung Bongkok buka setiap hari, selama 24 jam, dengan fasilitas seperti area parkir, toilet, mushola, kantin, jasa pemandu, dan gazebo.




Menjajal Cliff Jumping di Leuwi Lieuk, Bogor

Sebelumnya

5 Wisata Ini Digratiskan Selama 17-an. Mana Saja?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon