KOMENTAR

DI balik gedung-gedung pencakar langit, Tangerang Selatan ternyata menyembunyikan berbagai objek wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Tanah Tingal, objek wisata edukatif yang cocok untuk semua usia.

Tanah Tingal berdiri sejak 1985. Pemiliknya adalah mantan Menteri Penerangan (1968-1973) sekaligus Duta Besar Indonesia untuk Spanyol dan Kamboja, Marsekal Madya TNI (Purn.) Boediardjo.

Awalnya, kawasan yang tahun lalu dipakai untuk menyelenggarakan “Family and Culture Festival” ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat tinggal keluarga. Tapi seiring berjalannya waktu, dibuatlah Tingal Orchid (1980-an) lahan budidaya bunga.

Karena minat warga sekitar sangat besar dan kecintaannya pada tanaman serta lingkungan, maka almarhun Boediardjo mengiklaskan tanahnya untuk dijadikan Hutan Kota serta pusat pelatihan dan pendidikan pelajar, karyawan, serta profesional.

Pesona Tanah Tingal

Pesona Tanah Tingal memang luar biasa. Begitu memasuki area yang pernah dijadikan lokasi syuting “Si Doel Anak Pinggiran” ini, kita akan disambut dengan suara kicau burung. Di sana memang terdapat sekitar 30 jenis burung, seperti perkutut Jawa, pipit Benggala, kutilang, betet abu, dan tekukur.

Masuk lebih dalam, kamu akan menemukan Pohon Bhodi, beringin tua asal Kita Bodh Gaya, India. Pohon ini dikeramatkan dan dianggap suci oleh penganut Budha, Hindu, dan Janinisme. Sebab dulu, pendeta Budha Siddartha Gautama pernah bertapa di bawahnya.

Ada juga Tingal Garden, yang dulunya dipakai sebagai tempat pembudidayaan anggrek, tapi kini berubahan haluan ke tanaman pucuk merah.

Tanah Tingal juga memiliki wahana kolam renang. Tapi fasilitas ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mengadakan pesta pernikahan dengan tema pool wedding.

Ada juga danau buatan yang sangat bersih dan dijaga kelestariannya.

Fasilitas Tanah Tingal

Sarana dan prasarana di sini cukup lengkap. Ada area bermain anak (area dolanan bocah) yang ada di dekat kolam renang. Area ini menyediakan banyak permainan seperti jungkat jungkit, meniti tali, dan permainan ketangkasan lainnya.

Ada juga pendopo atau aula yang dibuat semi tertutup. Diperuntukkan bagi rombongan karyawan atau keluarga yang ingin mengadakan acara. Saung santai pun tersedia di sana.

Ingin menginap di sana? Kamu bisa menggunakan cabin atau barak berkapasitas 50 tempat tidur plus pendingin ruangan (AC).

Fasilitas lainnya yaitu lapangan futsal, kayak, panjat dinding, kios Tanah Tingal, rumah ‘ndekem’, rumah bugis, rumah nemplok, kebun sayuran, area sawah, area kemping, dermaga, plus kolam ikan.

Tanah Tingal juga menawarkan layanan seperti employee gathering dan wedding package. Juga ada paket outbond meliputi management training, team building, paintball, company outing, dan lain-lain.

Paket untuk anak-anak pun tersedia, yaitu outing kids. Fasilitasnya berupa flying fox, elsword carbonet, water transfer, transfer ball, dan lainnya. Ada juga program Edu Kids, yaitu aktivitas menanam, memanen, dan menumbuk padi, menangkap ikan, melukis caping dan keramik, menghias pensil, recycle plastik dan paper, dan sebagainya.




Taiwan Halal Center Hadirkan Produk Makanan & Minuman Bersertifikat Halal, Siap Menembus Pasar Indonesia

Sebelumnya

Pengalaman Menginap Fantastis di ‘Surga’ Mewah Ramah Keluarga ala Island Shangri-La Hong Kong

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon