KOMENTAR

BERWISATA ke alam bebas sepertinya menjadi cara yang paling tepat untuk mengusir kepenatan. Tak hanya dari rutinitas kerja atau kemacetan lalu lintas beserta kebisingannya, tapi juga dari himpitan hidup.

Jalan-jalan kita kali ini ke wisata alam yang tidak jauh juga dari Jakarta atau Bekasi. Nama wisatanya adalah Curug Cipamingkis, yang terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Ada apa saja, sih di Curug Cipamingkis?

Air Terjun Setinggi 25 Meter

Curug Cipamingkis terbentuk dari 2 aliran sungai yang bertemu, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Tingginya sekitar 25 meter dengan arus yang cukup deras.

Perjalanan menuju curug sangat menyenangkan. Perhutani sudah menyediakan jalan yang aman dan nyaman berupa tangga batu.

Ada beberapa spot yang bisa kita temui sebelum berjumpa dengan curug, yaitu hutan pinus dan gardu pandang yang menghadap ke sungai.

Spot Berkemah

Bagi yang ingin berkemah, pihak pengelola sudah menyediakan spot kemping yang dibandrol dengan harga Rp 60.000.

Jika memutuskan untuk berkemah, wajib membawa jaket tebal, ya. Sebab curug ini berada di ketinggian 900 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Jadi, udara di sana sangat dingin, apalagi jika hujan turun.

Di area wisata seluas 16,5 meter ini juga disediakan taman, kolam renang, taman batu, dan rumah pohon.

Spot Foto dan Kuliner

Ada beberapa spot yang disediakan pihak pengelola, diantaranya rumah pohon yang dapat memantau kawasan dari atas. Ada juga area selamat datang, atau di rumah-rumah segitiga.

Lelah dan lapar usai mengeksplor keindahan alamnya, kamu bisa membeli makanan khas jajanan sunda atau sekadar ngopi, menghilangkan dingin. Beberapa warung warga tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Penginapan

Kalau kamu tidak mau berkemah, area ini menyediakan penginapan dengan harga yang sangat variatif. Total ada 18 penginapan dengan fasilitas yang cukup memadai.

Mitos Dapat Jodoh

Di wisata ini juga ada mitos yang berkembang luas dan menjadi kepercayaan warga setempat. Katanya, siapa saja yang mandi di Curug Cipamingkis ini maka akan didekatkan jodohnya.

Harga tiket masuk ke Curug Cipamingkis sebesar Rp 10.000 dengan retribusi Perhutani sebesar Rp 3.000/orang.

Persiapkan diri sebelum memutuskan untuk berlibur ke Curug Cipamingkis. Perhatikan pula kendadaan yang akan dibawa.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon