Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KOMUNIKASI merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita. Secara tata bahasa, komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih, agar pesan tersebut dapat dipahami. Dalam bahasa Arab Istilah untuk komunikasi adalah tawashul.

Tawashul berasal dari kata “washala” yang berarti “sampai”.

Dengan demikian, tawashul adalah proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua pihak sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh kedua belah pihak yang melakukan komunikasi.

Agar pesan dapat tersampaikan dengan baik, maka ada beberapa etika yang harus dilakukan yang sudah tertulis di dalam Al Quran menjadi beberapa poin , yaitu :

Qaulan Sadida

Artinya perkataan yang benar dan jujur.

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar (Qaulan Sadida).” (An-Nisa : 9)

Qaulan Baligha

Artinya tepat sasaran  dan mudah dimengerti.

“Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka (Qaulan Baligha).“ (An-Nisa :63).

Qaulan Ma’rufa

Artinya perkataan yang baik, sopan dan tidak menggunakan sindiran.

“Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya[268], harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik (Qaulan Ma’rufa).” (QS An-Nissa :5)

Qaulan Karima

Artinya perkataan yang mulia.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orangtuamu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali kali janganlah kamu mengatakan kepada kedanya perkatan ‘ah’ dan kamu janganlah membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia (Qaulan Karima).” (QS. Al-Isra: 23).

Qaulan Layyinan

Artinya Perkataan yang lembut.

“Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah-lembut (Qaulan layinnan) agar dia sadar.” (QS. Thaha: 44).

Qaulan Maysura

Perkataan yang ringan/mudah dimengerti.

 ”Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhannya yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang mudah (Qaulan Maysura) (Al Isra :28).

Demikian ulasan etika berkomunikasi di dalam Al Quran, diharapkan kita bisa menerapkan hal-hal diatas agar pesan bisa tersampaikan dengan baik.

 




Ketika Maksiat dan Dosa Menjauhkan Kita dari Qiyamul Lail

Sebelumnya

Karena Rasulullah Tak Pernah Melupakan Kebaikan Orang Lain

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur