Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MENGAJARI anak-anak mengenal anggota tubuh dan bagaimana sentuhan yang pantas adalah hal utama yang harus dilakukan orangtua, terutama pada anak perempuannya. 

Sentuhan yang dimaksud, tentunya bukan ketika mereka menyentuh diri sendiri, ya Bunda.

Anak di segala usia memiliki hak untuk menjelajahi tubuh mereka sendiri dan tidak boleh malu untuk berpikir itu 'kotor' atau 'salah'. Nah, kalau mereka sudah berpikir seperti itu, artinya anak sudah masuk dalam perjalanan menyimpan rahasia mengenai sentuhan.

Untuk anak perempuan, ada yang namanya 'Sentuhan Suci'. Anak perempuan harus tahu mengenai sentuhan suci ini untuk menjaga kesuciannya. Suci di sini terkait faktor akhlak dan sikap.

Ustaz Bendri Jaisyurrahman, praktisi parenting Islam, menjabarkan 3 sentuhan suci yang wajib diajarkan orangtua pada anak perempuannya, yaitu:

1. Sentuhan Pantas

Sentuhan ini muaranya adalah kasih sayang. Ini bisa dilakukan oleh orang lain kepada anak perempuan kita di bagian sekitar kepala dan pundak.

2. Sentuhan yang Meragukan

Sentuhan ini muaranya adalah kasih sayang dan nafsu. Biasanya berpindah-pindah tempat, dari kepala, turun ke bahu, terus ke pinggang. 

Bimbing anak untuk waspada pada sentuhan semacam ini, Bunda. Jika sudah melewati batas bahu, yaitu ke pinggang atau ke perut, ajari anak untuk menolak. Katakan, "Ah, aku nggak suka!"

3. Sentuhan Haram

Sentuhan haram adalah sentuhan di sekitar kemaluan dan buah dada. Ajarkan anak perempuan Bunda untuk menolak dan menghindar.

Sentuhan pada anak perempuan dianggap wajar dan mengindikasikan tanda kasih sayang, hanya sampai di bagian pundak. Jika lebih dari itu, ajari pada anak untuk tegas menolaknya. Ini untuk menghindari anak menjadi korban pelecehan seksual.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting