Rahma Khairallah asal Yordania, lahir tanpa lengan namun mampu merangkai garis-garis indah lewat karya lukis mosaiknya/Net
Rahma Khairallah asal Yordania, lahir tanpa lengan namun mampu merangkai garis-garis indah lewat karya lukis mosaiknya/Net
KOMENTAR

KEKURANGAN dan keterbatasan tidak harus selalu diratapi dengan keputusasaan, karena di balik semua itu pasti ada kelebihan yang akan membuat seseorang bersinar dalam kehidupannya.

Kisah ini terjadi pada kehidupan Rahma Khairallah, perempuan asal Yordania berusia 36 tahun yang lahir tanpa lengan namun mampu merangkai garis-garis indah lewat karya lukis mosaiknya.

Media Turki Anadolu Agency mengunjungi Rahma di Mosaic House for Crafts and Handicrafts di provinsi Madaba di mana dia menceritakan kisah inspiratifnya.

Madaba terletak 33 kilometer di selatan Amman dan fondasinya berasal dari era Moab pada abad ke-13 SM. Kota ini disebut Ibukota Mosaik karena sebagian besar lokasi wisata berisi lukisan mosaik, di samping keberadaan pusat-pusat yang mengkhususkan diri dalam pengajaran seni.

Rahma lahir di bagian Shafa Badran di ibu kota negara, Amman, pada 1986. Keluarganya yang terdiri dari enam orang, termasuk dia, mengalami masa-masa sulit bersama ibunya, yang adalah seorang ibu rumah tangga, dan ayahnya, yang bekerja sebagai tukang ledeng. Dia harus berhenti dari pekerjaannya karena masalah kesehatan.

"Ketika saya lahir, ibu saya tinggal di rumah sakit selama seminggu sebelum dia mengetahui tentang kondisi saya," kata Rahma.

Butuh waktu lebih dari seminggu bagi ayah Rahma mengumpulkan keberanian untuk memberi tahu kondisi sebenarnya sang putri kepada ibunya saat ia dilahirkan.

“Ketika ayah saya datang kepadanya tanpa saya, dia bertanya dengan panik, dan dia menjawab bahwa putri mereka baik-baik saja, tetapi ada satu hal yang harus dikatakan, yaitu bahwa putrinya lahir tanpa tangan," kisah Khairallah.

“Respon ibu saya saat itu adalah, Alhamdulillah, dan sejak saat itu dia bilang akan saya beri nama Rahma, yang artinya Rahmat," ujarnya.

Rahma berkata dengan bangga bahwa ibunya mengajarinya menggunakan kakinya dan akan memberikan barang-barangnya untuk diletakkan di antara jari-jarinya dan mengawasinya dari jauh.

Akhirnya, dia menjadi terbiasa dan ibunya mengajar dan menempatkannya di pusat khusus untuk disabilitas mobilitas di mana “kemampuannya meningkat secara signifikan.”

Rahma dididik sampai kelas enam di sekolah penyandang disabilitas tetapi tidak diterima di luar itu di sekolah mana pun, dengan dalih tidak mampu memikul tanggung jawab meskipun pejabat tahu dia tidak memiliki masalah kesehatan.

Rahma mengatakan keluarganya tidak memiliki rumah ketika dia tumbuh dewasa dan lembaga pemerintah tidak memberikan bantuan apa pun.

Harapan datang ketika Pangeran Saudi Nayef bin Abdulaziz melihat Rahma di saluran satelit 20 tahun yang lalu dan mengikuti ceritanya. Dia menghubungi keluarga dan menyumbangkan uang yang memungkinkan mereka untuk membeli tanah dan membangun rumah. 

"Dia juga menyumbangkan kaki palsu, dan saya pergi ke Amerika Serikat dan kembali ke Yordania setelah tiga bulan dengan anggota badan ini," kata Rahma.

"Pangeran Saudi berjanji kepada saya bahwa saya akan melakukan umrah dan haji, dan itu benar-benar dilakukan, dan selama saya melakukan ritual haji saya bosan dengan prostetik, jadi saya harus memasukkannya ke dalam tas perjalanan saya, dan sayangnya, tas-tas itu dicuri, dan sejak hari itu saya dibiarkan tanpanya," ujarnya.

Rahma terdiam dan menarik napas panjang saat ditanya bagaimana pandangan masyarakat terhadapnya.

"Lima belas tahun yang lalu, saya sering merasakan tatapan orang yang menunjukkan bahwa mereka mengasingkan saya, saya makan dan minum dengan kaki saya," katanya.

Reaksi orang-orang terhadapnya membuatnya tidak puas, tetapi dia menggunakan kesabaran.

Ketertarikannya pada lukisan mosaik datang ketika pada tahun 2018, Rahma mengikuti kursus seni mosaik 13 hari dan peserta diharuskan menyelesaikan setidaknya satu lukisan.

Suaranya tenang dan samar saat dia menceritakan kisah pelatihan mosaik. Tapi dengan cepat bangkit dengan kebanggaan yang muncul di wajahnya.

“Selama pelatihan, saya berhasil mendesain tiga panel mosaik, dan mereka kagum dengan apa yang saya lakukan,” katanya.

"Penyelenggara kursus menegaskan bahwa apa yang saya lakukan tidak dapat dilakukan oleh orang sehat, dan itu bukan hanya simpati, karena saya mendapat tempat pertama," lanjut Rahma.

Sambil tersenyum bangga, dia berkata: "Upacara kelulusan diadakan untuk para peserta, dan semua orang berdiri dan bertepuk tangan untuk saya, dan saya senang dengan itu."




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women