Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

COVID-19 masih ada. Sejumlah ilmuwan terus mencari pengobatan alternatif di luar vaksin dan obat-obatan untuk mencegah infeksi virus tersebut.

Salah satunya adalah para ilmuwan asal Thailand. Saat ini para ilmuwan swasta maupun pemerintah setempat, seperti dari Universitas Chulalongkorn, organisasi Farmasi Pemerintah, Institut Penelitian Sistem Kesehatan, Universitas Silpakorn dan perusahaan swasta Hubuocy Co Ltd, tengah mengembangkan semprotan anti virus Covid-19.

"Kami melakukan penelitian dan menemukan antibodi, yaitu kekebalan yang diciptakan oleh tubuh manusia untuk menghentikan Covid-19," kata Profesor Dr Nakarin Sirisabya dari Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn, Thailand.

"Jadi kami pikir, dengan menggunakan semprotan berbasis antibodi ini di hidung, antibodi akan menjebak Covid-19 dan mencegahnya masuk ke dalam hidung," lanjut Sirisabya.

Cara Kerja Semprotan Hidung Anti Covid-19

Semprotan berbasis antibodi yang sedang dikerjakan Profesor Sirisabya dan rekan-rekannya itu dipercaya mampu menghentikan virus menginfeksi tubuh melalui hidung. Di sini para ilmuwan yakin hidup menjadi pintu masuk utama Covid-19 ke sistem pernapasan.

Menurut Sirisabya, berbeda dengan vaksin Covid-19, semprotan berbasis antigen ini tidak terserap ke dalam tubuh atau tetap berada di permukaan dalam waktu yang cukup lama.

Zat tersebut akan menempel pada virus Corona yang masuk ke hidung dan menetralisir atau melemahkan ya, sehingga tidak dapat menyebabkan infeksi.

Sayangnya, Profesor Sirisabya tidak membahas detil mengenai dosisnya, karena memang belum tersedia. Hanya saja Prof Sirisabya memastikan semprotan ini bisa diterapkan ketika ada risiko infeksi, terutama saat masker di lepas.

"Hasil keseluruhan adalah penurunan viral.load, yang akan menurunkan kemungkinan infeksi," demikian ujar Prof Sirisabya.

    




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News