post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KABAR gembira dari dunia kesehatan. Dalam beberapa bulan ke depan salah satu produsen vaksin, Moderna, akan meluncurkan vaksin khusus untuk mencegah infeksi Covid-19 varian Omicron.

Chief Executive Moderna Stephane Bancel, menyebut satu-satunya hambatan saat ini untuk memasok vaksin varian khusus itu adalah masalah regulasi. Jadi dia berharap, pada akhir Agustus nanti masalh tersebut bisa diselesaikan dan vaksin khusus Omicron buatan Moderna sudah bisa disahkan.

"Target kami paling cepat Agustus, mengingat kami akan mengajukan semua data pada akhir Juni. Mudah-mudahan dalam jangka waktu Agustus, vaksin itu disahkan," kata Stephane, mengutip CNN.

Fakta Vaksin Khusus Omicron

Mengutip laman Instagram dr Adam Prabata, vaksin khusus Omicron buatan Moderna ini terbukti meningkatkan antibodi lebih tinggi dibandingkan dengan vaksin Moderna yang digunakan sebelumnya.

Peningkatan antibodi itu mencapai 8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki antibodi terhadap Omicron sama sekali (belum mendapatkan vaksinasi atau belum pernah terinfeksi varian Omicron).

"Antibodi juga meningkat 5,4 kali lebih tinggi untuk melawan varian Omicron BA.4 dan BA.5 yang sudah ditemukan di Indonesia dan menjadi motor penggerak peningkatan kasus Covid-19 saat ini," tulis dr Adam di medsosnya @adamprabata.

Karena antibodi yang dihasilkan sangat tinggi, maka ada kemungkinan antibodi tersebut bisa bertahan lama dalam tubuh seseorang. Ini artinya, kita akan terlindung dari infeksi varian Omicron untuk waktu yang cukup lama juga.

Dikembangkan Sejak Awal 2022

Fakta lain dari pengembangan vaksin booster yang dirancang khusus ini, ternyata sudah dikerjakan Moderna sejak Januari 2022. Beberapa tahapan uji klinis sudah dilalui, tetapi hasil awal dari penelitian yang menggunakan subjek binatang (monyet) menunjukkan vaksin khusus itu tidak menawarkan perlindungan yang lebih kuat daripada dosis baru dari vaksin yang sudah ada.

Namun setelah kembali dilakukan perbaikan, hasilnya cukup memuaskan, yaitu 8 kali lebih tinggi untuk melawan varian Omicron biasa dan 5,4 kali lebih ampuh melawan varian Omicron BA.4 dan BA.5.

Vaksin Moderna sendiri dikembangkan dengan menggunakan teknologi mRNA untuk memicu respons kekebalan, mirip dengan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer/BioNTech.

 




Jangan Lagi Nyalakan TV Saat Tidur, Tiga Bahaya Kesehatan Ini Akan Mengintai

Sebelumnya

Ketika 'Pesan Positif' Justru Melemahkan, Begini Cara Membangkitkannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health