Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PENURUNAN kesehatan mental atau gangguan mental merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi. Walau begitu, kondisi ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, mereka yang mengalami kesehatan mental bisa mengalami kesulitan untuk menjalani hidup yang produktif.

Tidak hanya kehilangan produktivitas, orang yanh mengalami penurunan kesehatan mental dan tidak mendapatkan pelayanan yang benar akan rentan menggunakan obat-obatan terlarang, kecanduan minuman alkohol dan merokok, bahkan melakukan self injury atau bahkan bunuh diri.

Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri sendiri, bukan?

Untuk mencegah hal teraebut terjadi, Anda bisa mengenali atau mempelajari beberapa tanda apabila seseorang atau diri Anda sendiri sudah mengalami penurunan kesehatan mental.

1. Mengalami stres berkepanjangan, sehingga kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan berbagai hal dan sulit sekali berpikiran jernih.

Perubahan mood baru ini patut dicurigai sebagai ciri-ciri penurunan kesehatan mental. Apalagi terjadi dalam waktu yang lama, tidak jelas pencetusnya, dan sulit dikontrol.

2. Kesulitan mengerjakan pekerjaan yang biasa dikerjakan karena sulitnya berkonsentrasi.

3. Merasa tidak lagi terhubung dengan orang-orang yang dicintai. Perasaan ini muncul begitu saja. Seketika Anda merasa sudah tidak dipedulikan atau tidak lagi dicintai.

4. Mulai menarik diri dari interaksi sosial, merasa minder, sulit beradaptasi, tidak percaya kepada orang lain, bahkan memutus hubungan secafa mendadak dengan teman-temannya.

5. Mengalami perubahan nafsu makan. Bisa tidak nafsu makan atau justru bertambah nafsu makannya. Hal ini bisa meningkatkan risiko obesitas atau kekurangan nutrisi.

6. Mengalami insomnia atau hypersomnia, yaitu kondiai di mana seseorang menjadi susah tidur atau bahkan terlalu banyak tidur. Hal ini membuat mereka menjadi kurang berenergi dan tidak produktif saat menjalani aktivitas sehari-hari.

7. Kehilangan minat dalam banyak hal.

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

Saat Anda sadar atas perubahan yang terjadi pada diri sendiri atau orang yang disayangi, coba tingkatkan kembali kesehatan mental dengan beberapa cara ini:

- Jaga asupan nutrisi.
- Luangkan waktu untuk berolahraga untuk mengurangi stres.
- Coba bicara pada orang yang dipercaya mengenai perubahan yang terjadi pada diri Anda.
- Luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai.
- Istirahat yang cukup.
- Jangam bandingkan diri dengan orang lain. Hargai kemampuan sendiri dan cintai diri sendiri.
- Berkonsultasilah dengan ahlinya.

Pada intinya, ciri-ciri gangguan mental memang agak mirip dengan masalah emosi atau perilaku yang normal. Tapi jika diperhatikan, ada perbedaan yang cukup jelas.

Segera berkonsultasilah dengan dokter atau psikolog, karena penanganan yang tepat adalah penanganan dini sebelum semakin parah dan menimbulkan penurunan kualitas hidup.


Sumber: Irma Gustiana A/Instagram@ayankirma




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family