post image
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi sang istri Mufidah Jusuf Kalla beserta keluarga saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang/ Net
KOMENTAR

MANTAN Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima anugerah bintang jasa utama "Grand Cordon of The Order of the Rising Sun" dari Kaisar Naruhito dalam upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran, Tokyo (10/5/2022).

Didampingi sang istri, Mufidah Jusuf Kalla, ia memasuki area Istana Kekaisaran sekitar pukul 09.30 Waktu Tokyo, Jepang.

“Saya merasa bersyukur Kaisar Jepang menganugerahkan Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat kuat,” kata Jusuf Kalla saat jumpa pers di Wisma Duta.

Jusuf Kalla menambahkan bahwa penghargaan tersebut bukan hanya untuknya tapi untuk seluruh rakyat Indonesia.

Grand Cordon of the Order of the Rising Sun sebelumnya diterima oleh Menteri Luar Negeri RI periode 1988-1999 Ali Alatas di tahun 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010-2014 Ginanjar Kartasasmita di tahun 2008.

Bintang jasa diberikan bagi individu yang berprestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, maupun pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada tahun 1875.

Duta Besar Republik Indonesia (Duta Besar Republik Indonesia) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi menjelaskan bahwa pemberian bintang jasa ini merupakan bentuk penghargaan Jepang terhadap para tokoh terbaik dunia, termasuk Indonesia.

Dubes Heri bangga mengingat Grand Cordon of the Order of the Rising Sun adalah kehormatan tertinggi Jepang. Ia berharap Jusuf Kalla dapat terus mendukung terciptanya hubungan harmonis Indonesia-Jepang.

Untuk periode musim semi 2022, dari 112 warga negara asing yang menerima penghargaan Order of the Rising Sun, 22 orang di antaranya adalah perempuan dan tiga tokoh berasal dari Indonesia.
Selain Jusuf Kalla, Pemerintah Jepang memberikan dua bintang jasa "Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star" masing-masing kepada Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X serta mantan Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra.

Pengumuman penerima bintang jasa telah ditetapkan pada 29 April lalu.

Dirilis KBRI Tokyo, Drs. H. M. Jusuf Kalla selama dua kali menjabat Wakil Presiden RI secara konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, hingga memberi kontribusi besar dalam meningkatnya hubungan Jepang-Indonesia.

Jusuf Kalla juga terus memberi perhatian pada upaya rekonstruksi Jepang akibat gempa bumi bagian timur (Tohoku) 2011, di antaranya dengan menghadiri Konferensi PBB di Jepang terkait penanganan bencana sebagai perwakilan Indonesia.

Untuk Sri Sultan Hamengkubuwono X, penghargaan diberikan atas jasanya membangun hubungan Yogyakarta-Kyoto dan prefektur Yamanashi. Sultan juga telah menyambut kedatangan Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991 dan Putra Mahkota Akisihino dan Putri Mahkota Kiko di tahun 2008.

Sedangkan bintang jasa untuk Yusron Ihza Mahendra diberikan atas kontribusinya meningkatkan hubungan antara Jepang-Indonesia selama mengabdi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada periode 2013-2016.

 

 



Close X

Tragedi Penembakan Siswa & Guru SD di Uvalde Libatkan Pelaku Berusia 18 Tahun, Masalah Kepemilikan Senjata atau Gangguan Kesehatan Mental?

Sebelumnya

Terkuaknya Ribuan Wajah Penduduk Uyghur Penghuni Kamp Tahanan di Xinjiang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News