post image
KOMENTAR

RAMADHAN usai dan Idul Fitri pun sudah berlalu. Beberapa mengaku berhasil menurunkan berat badan setelah sebulan penuh berpuasa.

Tapi tidak sedikit yang mengaku berat badan justru naik drastis. "Balas dendam", begitu kata mereka.

Nah, buat yang mengalami berat badan berlebih usai Idul Fitri, yuk coba aneka ramuan berikut ini yang bisa mengembalikan berat badan seperti semula.

1. Jus Jeruk Bali dan Beri

Coba buat jus jeruk Bali yang dicampur dengan buah beri. Jus tersebut terbukti bisa membakar lemak yang menumpuk. Vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk bali membantu meningkatkan metabolisme, membakar lemak membandel, dan mengatur sensitivitas insulin.

Agar hasilnya efektif, minum setengah jam sebelum makan.

2. Ramuan rempah

Ramuan rempah bisa dibuat dengan campuran satu inci kayu manis yang diseduh dengan daun kemangi dan jahe. Setelah campuran siap, saring lalu masukkan jus lemon, pala, dan madu.

Ramuan rempah ini membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak membandel. Juga mengurangi stres dan menurunkan kadar kortisol yang membantu menurunkan berat badan.

3. Cuka apel

Campurkan cuka apel dengan air hangat dan minum sebelum makan. Cuka apel membantu menurunkan berat badan, karena mengandung asam atetat yang menekan nafsu makan.

Kemudian membantu mengikis lemak perut dan menurunkan kadar trigliserida yang membantu mengelola diabetes.

Tapi, jangan berlebihan meminumnya, ya!

4. Teh hijau

Teh hijau mampu menurunkan berat badan. Minumlah teh hijau 2 sampai 6 kali sehari dengan takaran yang tepat, sehingga bisa bekerja efektif di dalam tubuh.

5. Asam jawa

Kandungan flavanoid dalam asam Jawa dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh, berperan sebagai antioksidan, mencegah alergi dan penuaan dini.

Manfaat lainnya, asam Jawa bisa dijadikan ramuan untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan dan BAB. Seratnya yang sangat tinggi bisa menimbulkan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga menekan nafsu makan.

Caranya, remas asam Jawa dan masukkan dalam. Gelas. Tambahkan gula rendah kalori dan tuangkan air hangat atau dingin, sesuai selera.

Minum secara rutin setiap hari dan rasakan khasiatnya.

6. Daun salam

Daun salam mengandung vitamin dan mineral yang dapat membawa lari lemak dari tubuh kita.

Pertama siapkan 30 lembar daun salam. Masukkan ke dalam panci berisi penuh air. Rebus sampai air tersisa setengah dan minum dalam keadaan hangat, satu kali sesudah makan. Minum secara rutin.

7. Buah mengkudu



Close X

Lebih dari 100 Kasus Dilaporkan di Eropa, WHO Gelar Pertemuan Darurat Bahas Cacar Monyet

Sebelumnya

Waspada Penyakit Kaki Tangan Mulut pada Si Kecil, Ayah Bunda Wajib Kenali Gejalanya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health