Foto: Instagram/@doctasuad
Foto: Instagram/@doctasuad
KOMENTAR

DIKENAL sebagai perempuan cerdas dengan banyak karya, Su'ad Abdul Khabeer fokus menggali dan mengkritisi kesenjangan di Amerika Serikat, terutama tentang warna kulit dan agama.

“Ketika orang berbicara tentang apa artinya menjadi kulit hitam di Amerika, mereka tidak berbicara tentang pengalaman Muslim,” kata Su'ad Abdul Khabeer, seorang cendekiawan, seniman, sekaligus aktivis.

“Dan ketika mereka berbicara tentang pengalaman Muslim di Amerika Serikat, mereka tidak berbicara tentang orang Afrika-Amerika. Muslim kulit hitam bukan bagian dari imajinasi populer.”

Su'ad bertujuan untuk mengubah persepsi itu melalui buku-buku seperti Muslim Cool dan proyek online seperti Sapelo Square, yang dinamai sesuai salah satu komunitas Muslim pertama di negara itu.

Su'ad sekarang menjadi profesor studi Muslim-Amerika di Universitas Michigan. Dalam karya terbarunya, ia meneliti persimpangan sejarah resmi dan kisah-kisah tak terhitung tentang perempuan kulit hitam dan Muslim kulit hitam melalui lensa kehidupan ibunya.

Umi dalam bahasa Arab berarti ibu, sehingga ia menamakan rangkaian pameran digital Umi's Archive. Proyek ini melihat perempuan kulit hitam sehari-hari sebagai orang yang mengetahui banyak hal yang kita harus ketahui.

Ditema sebagai antropolog, buku pertama Su'ad, Muslim Cool: Race, Religion and Hip Hop in the United States (NYU Press 2016) adalah etnografi Islam dan hip hop yang diakui secara kritis yang mengkaji bagaimana ide-ide yang saling bersinggungan tentang Muslim dan warga kulit hitam menantang dan mereproduksi makna ras di Amerika Serikat.

Karya tulis Su'ad tentang Islam dan hip hop tersebut disertai dengan Sampled: Beats of Muslim Life. Sampled adalah pertunjukan solo satu perempuan yang dirancang untuk mempresentasikan dan mewakili penelitian dan temuannya kepada khalayak yang beragam sebagai bagian dari komitmennya terhadap beasiswa publik.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Su'ad memimpin Sapelo Square, situs web pertama yang didedikasikan untuk dokumentasi dan analisis komprehensif tentang pengalaman Muslim Amerika Kulit Hitam.

Dia juga menulis untuk The Root, the Washington Post, the Atlantic, Ebony Magazine, the Huffington Post, Religius Dispatches and Trans/Missions, dan telah muncul di Al Jazeera English.

Su'ad juga menjadi Penasihat Proyek Senior untuk film dokumenter pemenang penghargaan Televisi Publik AS, New Muslim Cool dan puisinya ditampilkan dalam antologi Living Islam Out Loud: American Muslim Women Speak.

Pada tahun 2018, Su'ad diprofilkan sebagai salah satu dari 25 Muslim Amerika yang berpengaruh oleh CNN dan menerima Soros Equality Fellowship pada tahun 2019.

Sosok Su'ad di mata kolega Muslim lainnya diibaratkan bak mata panah dari sebuah gerakan baru yang memastikan bahwa rasisme harus dilawan secara langsung dan dibasmi.

Su'ad merupakan profesor asosiasi Budaya Amerika dan Studi Arab dan Muslim Amerika di University of Michigan. Dia menerima gelar PhD dalam antropologi budaya dari Universitas Princeton. Dia juga lulusan dari School of Foreign Service di Georgetown University dan menyelesaikan program diploma Studi Islam dari Institut di Universitas Abu Nour (Damaskus).




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women