Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BUAH-buahan adalah salah satu sumber serat makanan yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat makan buah setiap hari dapat membantj menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan. Kebiasaan makan asupan tinggi serat juga bisa mengurangi risiko kanker usus.

Berdasarkan temuan Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada 2,8 persen atau 1,7 juta orang yang mengalami kematian akibat jarang mengonsumsi buah maupun sayur. Karena itu, WHO menganjurkan setiap orang untuk mengonsumsi minimal 150 gram buah pernah hari. Misalnya jeruk, apel, atau buah-buahan lainnya.

Namun mengonsumsi buah-buahan juga perlu memperhatikan waktu. Ada 3 waktu yang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah, karena akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

1. Saat akan tidur

Mengonsumsi buah sesaat hendak tidur tidak memiliki manfaat apapun. Mengutip Times of India, makan buah menjelang tidur justru akan meningkatkan kadar gula darah.

Karena kadar gula naik, maka akan membuat seseorang sulit tidur. Pencernaan juga akan terganggu, karena seharusnya saat kita tertidur pencernaan pun sebaiknya beristirahat dan tidak mengolah makanan apapun.

2. Tepat setelah dan sebelum makan

Biasanya, seseorang mengonsumsi buah tepat setelah mereka makan. Maksudnya sebagai pencuci mulut.

Tapi ternyata, mengonsumsi buah tepat setelah dan sebelum makan tidak baik untuk pencernaan. Tubuh tidak akan mendapatkan semua nutrisi penting yang terdapat dalam buah tersebut.

Jadi jika ingin makan buah, tunggu 30 menit sebelum maupun sesudah makan. Dan untuk penderita diabetes, harus menunggu 1 jam sebelum dan 2 jam setelah makan.

3. Makan buah bersamaan dengan makanan lain

Pilihan waktu ini juga tidak cepat, karena akan memperlanbat proses pencernaan. Buah-buahan akan bertahan lama di perut dan dapat menyebabkan fermentasi.

Mengutip food.ndrv.com, mengonsumsi buah dengan makanan lain yang tinggi protein, serat, dan lemak dapat mengurangi kecepatan gula dari buah untuk masuk ke usus kecil.

Ini yang kemudian menyebabkan naiknya gula darah.

Jadi mulai sekarang, ubah kebiasaan mengonsumsi buah-buahan di waktu yang tidak tepat. Karena tujuan kesehatan dari memakan buah tersebut tidak akan sampai, karena nutrisinya hilang begitu saja.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health