Pastikan restoran/kafe yang kamu datangi menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti memiliki tempat mencuci tangan, hand sanitizer, pelayan memakai masker, dan lainnya/ Foto: Instagram @kopitimur
Pastikan restoran/kafe yang kamu datangi menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti memiliki tempat mencuci tangan, hand sanitizer, pelayan memakai masker, dan lainnya/ Foto: Instagram @kopitimur
KOMENTAR

AKTIVITAS bertemu, berkumpul, kerja kelompok atau sekadar nongkrong di kafe maupun restoran adalah hal yang sangat dirindukan selama pandemi ini. Sayangnya, varian Omicron yang mudah menular,  menjadi alasan untuk tidak berlama-lama berada di luar rumah.

Namun bagi anak muda, nongkrong di kafe ataupun restoran sudah menjadi gaya hidup. Walaupun sebentar, tidak enak rasanya jika tidak "eksis" di kafe langganan.

Nah, biar tetap bisa mengikuti tren kekinian dan tidak bosan berasa di rumah saja, CDC merekomendasikan beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap aman nongkrong di ruang publik.

1. Take away

Kamu masih bisa mengupdate status sedang berada di restoran dengan cara membeli makanan untuk dibawa pulang (take away). Hanya butuh beberapa menit saja menunggu makanan disiapkan, kamu bisa eksis.

2. Gunakan transportasi online

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, ada baiknya menggunakan jasa transportasi online. Karena saat ini para pengemudi online sudah divaksinasi dan memastikan kendaraannya aman serta nyaman untuk digunakan.

3. Utamakan outdoor

Jika memutuskan makan di kafe/restoran, pilih yang outdoor. Ruang terbuka lebih meminimalisir tingkat penularan Covid-19, dengan syarat tetap gunakan protokol kesehatan yang ketat, ya.

4. Hindari waktu ramai

Hindari makan di restoran ataupun kafe di jam-jam sibuk, seperti jam makan siang. Terutama saat kamu memilih kafe indoor dengan ventilasi udara yang tidak bagus.

5. Pilih yang menerapkan protokol kesehatan

Pastikan restoran/kafe yang kamu datangi menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti memiliki tempat mencuci tangan, hand sanitizer, pelayannya memakai masker, dan lainnya.

6. Gunakan masker

Mau kamu take away atau makan di tempat, pastikan selalu mengenakan masker, kecuali saat makan/minum. Minimalkan mengobrol saat makan. Sebaiknya selesaikan dulu makan/minum, baru kemudian kenalan masker untuk mengobrol.

7. Minimalisasi durasi

Ketika harus bertemu rekan kerja di sebuah restoran tertutup, minimalkan durasi berada di dalam ruangan, maksimal 30 menit. Bicara seperlunya dan habiskan makanan dengan cepat.

8. Cuci tangan

Ingat untuk selalu mencuci tangan saat tiba di restoran, saat hendak makan, dan setelah makan. Ada baiknya mencuci tangan dengan sabun di air mengalir daripada menggunakan hand sanitizer.

9. Jaga jarak

Tetap jaga jarak dan lihat situasi restoran. Ada baiknya membatalkan rencana masuk ke restoran tersebut jika penuh pengunjung.

Perhatikan betul lingkungan restoran/kafe yang ingin kamu kunjungi. Apakah restoran tersebut menerapkan protokol kesehatan atau memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik atau tidak.

Jangan lupa untuk membentengi diri dengan masker, menjaga jarak, serta selalu mencuci tangan setiap hendak melakukan aktivitas.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News