Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

VAKSINASI Covid-19 diberikan kepada anak usia 6 sampai 11 tahun dengan tujuan memberikan kekebalan tubuh anak terhadap infeksi. Sebab anak merupakan salah satu kelompok rentan terserang virus Corona.

Namun, ada kondisi di mana anak tidak bisa diberikan vaksinasi dan orangtua diizinkan untuk menundanya sesuai dengan rekomendasi dokter.

Mengutip laman Instagram Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa kondisi yang diperbolehkan untuk menundanya vaksinasi Covid-19 anak, yaitu:

1. Suhu tubuh tinggi

Orangtua diperbolehkan menunda vaksinasi jika suhu tubuh anak di atas 37,5 derajat celcius. Sebaiknya menunggu suhu tubuh anak stabil untuk divaksinasi, yaitu 36 derajat celcius.

2. Tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg

Saat skrinning dan tekanan darah anak lebih dari 140/90 mmHg, meski sudah beristirahat selama 5-10 menit, sebaiknya tunda dulu vaksinasi. Atau, orangtua dapat merujuk anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lanjutan.

3. Baru sembuh dari Covid-19

Penundaan vaksinasi juga harus dilakukan saat anak baru saja sembuh dari Covid-19. Penundaan disesuaikan dengan gejala yang dirasakan anak.

Jika anak bergejala ringan, maka vaksinasi bisa ditunda hingga 1 bulan ke depan. Tetapi jika anak menunjukkan gejala sedang hingga berat, vaksinask baru bisa dilakukan setelah 3 bulan dinyatakan sembuh

4. Anak sedang flu, demam, dan diare

Vaksinasi diberikan dengan syarat kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Jika demikian, pastikan anak tidak sedang flu, demam, diare, batuk, dan sakit pada bagian tenggorokan.

Coba bawa anak ke fasilitas layanan kesehatan agar mendapat pengobatan yang maksimal.

5. Anak pernah mengalami kedaruratan medis

Saat anak pernah mendapatkan perawatan di rumah sakit atau mengalami kedaruratan medis, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter terkait.

Penundaan dilakukan sampai anak dinyatakan sembuh dan dokter memberikan rekomendasi untuk vaksinasi.

6. Jika anak memiliki gangguan imunitas

Tunda vaksinasi jika anak memiliki gangguan imunitas seperti autoimun, alergi berat, dan defisiensi imun serta penyandang penyakit hemofilia/kelainan pembekuan darah.

Apabila dokter sudah memberikan izin, sebaiknya vaksinasi dilakukan di rumah sakit.

Semua anak boleh divaksinasi, namun harus dalam kondisi sehat agar vaksinasi menjadi lebih optimal. Karena vaksinasi bisa melindungi anak dari infeksi virus.

Menunda vaksinasi bukan berarti anak tidak boleh divaksin atau tidak butuh vaksinasi. Saat anak dalam kondisi fit, orangtua boleh saja mengajak anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk divaksinasi.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News