Ilusrasi madu/ Net
Ilusrasi madu/ Net
KOMENTAR

MADU dikenal akan sejuta manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, meredakan batuk dan sakit tenggorokan, hingga membantu proses penyembuhan penyakit.

Sayangnya, saat ini banyak madu yang palsu atau kandungan gulanya sangat banyak. Jika terkecoh memilih, bukannya sehat malah akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Membedakan Madu Palsu dengan yang Asli

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat membedakan mana madu palsu dan mana yang asli.

1. Teteskan ke dalam air. Madu asli akan menggumpal di dasar gelas, sedangkan yang palsu akan terapung atau larut dalam air.

2. Masukkan korek api ke dalam madu, lalu bakar korek apinya. Jika menyala, maka madu itu asli. Begitu pula sebaliknya.

3. Tuangkan madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Jika madu tidak terserap dan tidak meninggalkan bekas noda, maka madu tersebut asli.

4. Letakkan madu pada jari. Jika. Lengket, maka madu itu tidak asli karena sudah mendapatkan campuran dari pemanis buatan.

5. Panaskan madu dengan sendok di atas lilin. Jika menjadi karamel dengan cepat dan tidak berbusa, maka itu adalah madu asli.

Madu yang Baik untuk Kesehatan

Mengutip diethive.com, di Indonesia terdapat beberapa jenis madu yang baik untuk kesehatan dan sangat populer.

- Madu Manuka
Madu Manuka memiliki sifat antibakterial. Madu langka ini berwarna gelap dan diproduksi dari bunga semak Pohon Teh.

Penelitian menunjukkan, madu Manuka efektif untuk luka, seperti luka bakar dan tukak diabetes.

Biasa juga digunakan untuk mengurangi peradangan pada IBS dan pasien kolitis ulserativa, kulit yang berjerawat, dan pasien dengan fibrosis kistik.

Madu ini juga disarankan untuk mengobati sakit tenggorokan dan menjaga kesehatan mulut.

- Madu Akasia
Madu ini paling populer. Warna kuning mudanya mempresentasikan rasanya yang sangat manis.

Madu Akasia mengandung fruktosa tinggi dan rendah glukosa, sehingga dapat dinikmati penderita diabetes. Juga mengandung flavanoid tinggi, antioksidan yang dipercaya membantu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Madu Akasia juga efektif melawan sejumlah bakteri resisten, karena bahan-bahanya secara perlahan melepas hidrogen peroksida asam yang memecah dinding sel bakteri. Dan mampu mengobati serta mencegah jerawat juga berbagai kondisi kulit lainnya.

- Madu Eukaliptus
Madu eukaliptus berasal dari Australia dan diproduksi secara ekstensif di California, Amerika. Ia memiliki aroma dan rasa khas herbal.

Madu ini baik untuk melawan peradangan, membantu menyembuhkan luka, dan mengatasi hidung tersumbat serta batuk.

- Madu Karet
Juga terkenal. Ampuh mengatasi gatal-gatal pada kulit, reaksi alergi, keputihan pada wanita, luka bakar, sampai meningkatkan daya tahan tubuh.

- Madu Kapuk Randu
Madu ini sering digunakan untuk perawatan kecantikan, seperti masker wajah. Juga mampu mengatasi sariawan, luka bakar, memperlancar fungsi otak, dan membantu meningkatkan sistem imun.

Disarankan untuk dikonsumsi oleh siapa saja, dari balita hingga dewasa.

- Madu Hutan Sumatera
Madu Hutan Sumatera berkhasiat sebagai agen antibakteri, antibiotika, serta antiseptik alami. Jadi, madu ini ampuh meredakan sakit kepala, kejang, flu, hingga diare.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health