Foto: Ilustrasi/ Net
Foto: Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KASUS positif Omicron di Indonesia terus mengalami kenaikan setiap harinya. Hingga 26 Januari, kasus aktif corona berjumlah 29.277 pasien. Ini adalah yang tertinggi sejak 5 Oktober tahun lalu.

Namun di tengah lonjakan kenaikan pasien Covid-19, Indonesia disebut-sebut sebagai negara terbaik di Asia dalam hal pengendalian virus Corona.

Mengutip situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, jika dibandingkan dengan India, Philipina, Singapura, Malaysia, dan Thailand, Indonesia memiliki jumlah penambahan kasus terkonfirmasi yang rendah.

Angka yang rendah tersebut dikarenakan beberapa langkah yang telah dilakukan oleh Kemkes terkait penanganan covid, yaitu:

1. Kemkes RI membuat regulasi yang mengarah pada pencegahan penyebaran.

2. Kemkes memberlakukan PPKM di setiap  wilayah diiringin dengan protokol kesehatan yang ketat.

3. Setiap ada penambahan kasus dengan jumlah sedikit maupun banyak, langsung dilakukan tata laksana perawatan yang baik di rumah sakit.

4. Penyediaan fasilitas di rumah sakit secara maksimal, terutama tempat tidur perawatan.

5. Menyediakan layanan telemedisin bagi pasien isolasi mandiri untuk mengurangi mobilitas. Pelayanan telemedisin tersebut gratis berikut obatnya.

6. Menyediakan hotline virus corona di nomor 119 ext 9 dan Halo Kemenkes melalui nomor 1500-567, SMS 081281562620, faksimile (021) 5223002,52921669, serta email di kontak@kemkes.go.id.

"Kami selalu mengimbau masyarakat untuk tidak belergian jika tidak penting. Kami juga selalu meminta masyarakat untuk menunda perjalanan ke luar negeri, karena penyebaran kasus terbukti berasal dari perjalanan luar negeri," kata Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemkes RI dr Siti Tarmizi.

 

 




Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sebelumnya

Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News