post image
Desainer Leny Rafael/ Foto-foto: Agung Hadiawan
KOMENTAR

BERKOLABORASI dengan Batik Warisan, desainer Leny Rafael menghadirkan busana indah yang terbuat dari kain batik pada fashion show "Heritage of Indonesia" yang menjadi puncak perayaan HUT ke-3 Pelangi Wastra Indonesia di Goodrich Suites Artotel Portfolio, Jakarta (24/1/2022).

Dalam acara yang menghadirkan istri Menteri Investasi/ Kepala BKPM Sri Bahlil Lahadalia tersebut, Leny mengeluarkan tiga busana yang menggunakan batik tulis dalam seri buah-buahan.

Motif buah menggambarkan keindahan, kecantikan, dan kemuliaan. Buah-buahan juga melambangkan kedekatan dengan alam yang menjadi sumber kehidupan. Termasuk memperlihatkan betapa suburnya negeri ini dengan hasil buah yang melimpah.

Untuk koleksi kali ini Leny memilih warna-warna pastel yang lembut dan garis desain kekinian agar batik menjadi fashionable bagi kalangan milenial.

Koleksi Leny Rafael x Batik Warisan memperlihatkan bahwa batik (dan wastra tradisional lainnya) dapat berkembang dan beradaptasi sesuai perkembangan zaman.

Batik tulis berpadu dengan motif garis-garis pada bagian saku, ujung kerah lebar nan unik, serta ikat pinggang yang dibentuk pita. Tiga model busana karya Leny dapat dipadankan dengan rok maupun celana panjang.

Leny Rafael merupakan salah satu desainer modest fashion ternama di Tanah Air. Ia merupakan founder komunitas Pelangi Wastra Indonesia yang terbentuk pada tahun 2018. Leny selama ini memang dikenal sebagai desainer yang concern terhadap kelestarian wastra Nusantara.

Bersama Pelangi Wastra Indonesia, Leny tampil di Den Haag, Belanda pada Desember 2018. Sedangkan kolaborasinya bersama Batik Warisan milik Fetty Kwartati telah go international ke New York Fashion Week di tahun 2019.

Mengusung brand dengan namanya sendiri, Leny telah menambah lini bisnis fesyennya dengan menghadirkan Leny Rafael Bride. Ada pula LR Things yang menjual berbagai pernak-pernik fesyen selain busana Leny Rafael.

Tak hanya mencipta karya, ia juga mendirikan Leny Rafael Fashion Preneur Class yang fokus mengajarkan pengetahuan dan seluk-beluk dunia fesyen bagi mereka yang memiliki passion menjadi perancang busana.

Menurut Leny, mimpi akan menjadi nyata manakala seseorang mau mencoba dan mampu bertahan menghadapi berbagai kendala dalam perjalanan mewujudkannya. Pun untuk menjadi desainer, tak hanya dibutuhkan keahlian tapi juga fokus dan keuletan.

Leny juga membuka kesempatan magang bagi para siswa SMA dan mahasiswa, tak hanya untuk keterampilan mendesain busana tapi juga bagaimana menjadi profesional dan kreatif dalam model bisnis fesyen. Bisnis core menjadi penting agar industri fesyen terus bertumbuh dan bermanfaat untuk kesejahteraan banyak orang yang terlibat di dalamnya.

Melihat pengalaman menghadapi pandemi COVID-19, Leny terpanggil untuk membimbing para anak-anak muda untuk tumbuh menjadi generasi masa depan yang tangguh, terlebih lagi bagi mereka yang berniat menekuni dunia kreatif khususnya fesyen.

"Kreativitas dan inovasi tak boleh mati, dan itulah yang menjadi solusi untuk menghasilkan karya spektakuler," tegas Leny.

Sahabat Farah bisa langsung klik akun Instagram @lenyrafael, @lenyrafaelbride, dan @lrthings.id untuk melihat koleksi fesyen Leny Rafael atau klik @lenyrafaelinternship dan @ lenyrafael_fpc untuk mengikuti kelas dan magang bersama Leny Rafael.

Jika ingin melihat langsung dan mengulik informasi lebih luas, langsung saja kunjungi butik Leny Rafael di Bintara Jaya, Bekasi Barat.



Close X

Uniknya Color Splash ala Rose.Ma.Lina x Sofie

Sebelumnya

Terinspirasi Kubus Rubik, Siswa SMKN 3 Blitar Hadirkan Urban Casual Style di Panggung MUFFEST+ 2022

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Fashion