Seorang tenaga kesehatan saat bertugas/ Foto: BBC
Seorang tenaga kesehatan saat bertugas/ Foto: BBC
KOMENTAR

VARIAN B.1.1.529 alias Omicron sudah masuk ke Indonesia. Meski awalnya diyakini dibawa dari perjalanan luar negeri, faktanya kini transmisi lokal juga mulai banyak terdeteksi.

Pasien Omicron pertama adalah seorang pekerja kebersihan di Wisma Atlet, Jakarta yang terdeteksi pada 16 Desember 2021.

Sudah sejauh mana penyebaran Omicron di Tanah Air? Berikut ini sejumlah daerah yang telah melaporkan kasus varian Omicron, dikutip dari berbagai sumber.

Jakarta

Hingga 12 Januari 2022, Jakarta mencatat ada 498 pasien Omicron yang dirawat di RSPI Soelianti Saroso dan Wisma Atlet.

Berdasarkan keterangan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, 89 kasus berasal dari transmisi lokal dan 409 kasus berasal dari perjalanan luar negeri.

Medan

Kota di Sumatra Utara ini menjadi yang pertama melaporkan kasus transmisi lokal Omicron. Penularan antarwarga dilaporkan pada seorang pria asal Medan berusia 37 tahun. Ia bersama istrinya rutin datang ke Jakarta setiap bulan. Hasil laboratorium menunjukkan positif varian Omicron pada 26 Desember tahun lalu.

Surabaya

Pemerintah Daerah Jawa Timur melaporkan kasus Omicron yang terdeteksi melalui Whole-Genome Sequencing (WGS) pada 2 Januari 2022. Pasien adalah perempuan yang baru pulang berlibur dari Bali bersama suaminya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Banten

Pada 7 Januari 2022, dilaporkan ada 29 orang terdeteksi varian Omicron di wilayah Banten. Kemudian pada 12 Januari, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten melaporkan 4 kasus Omicron dengan perincian 1 kasus dari perjalanan luar negeri dan 3 dari transmisi lokal.

Bogor

Satu laki-laki berusia 28 tahun asal Kecamatan Dramaga, Bogor terkonfirmasi varian Omicron pada 11 Januari. Tanpa riwayat perjalanan luar negeri, warga Kabupaten Bogor tersebut terpapar dari hasil perjalanannya beberapa hari di Jakarta untuk mengikuti tes calon pekerja di sebuah RS. Selama di Jakarta, ia menggunakan transportasi commuter line dan ojek online.

Bandung

Pemerintah Kabupaten Bandung pada 12 Januari melaporkan 4 warga terdeteksi varian Omicron setelah melakukan perjalanan luar negeri tepatnya ke Afrika. Sepulang dari luar negeri, mereka telah melaksanakan isolasi di Wisma Atlet selama 14 hari dilanjutkan 10 hari di rumah. Namun pascaisolasi lanjutan, hasil PCR dan WGS menunjukkan mereka positif varian Omicron.

Malang

Ada tiga warga Desa Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur dilaporkan terpapar Omicron. Sejak 14 Januari, mereka menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Kepanjen. Pemerintah Kabupaten Malang mulai melakukan pemeriksaan terhadap puluhan orang yang diduga kontak erat dengan ketiga pasien.

 




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News