post image
Cornelia Agatha
KOMENTAR

PEMERAN Sarah dalam sinetron dan film Si Doel, Cornelia Agatha, dikenal sebagai sosok yang peduli pada perlindungan anak. Ia merupakan penggagas Cinta Anak Dunia, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada perlindungan dan kesejahteraan anak.

Atas kontribusinya tersebut, Cornelia resmi didapuk menjadi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak DKI Jakarta. Ia berterima kasih pada Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait atas kesempatan mengabdi lebih luas di masyarakat.

Tepat pada hari IBU, tanggal 22 Desember 2021.
Saya dilantik menjadi Ketua Komnas Perlindungan Anak DKI Jakarta.
Jauh sebelumnya, saya sudah cukup intens terlibat di beberapa kegiatan Komnas Perlindungan Anak.

Sekarang, bahagia bisa menjadi bagian dari Komnas Perlindungan Anak dan diberi kepercayaan sebagai ketua Komnas Perlindungan Anak Provinsi DKI Jakarta.

Ini merupakan tantangan besar bagi saya yang sejak tahun 2010 memiliki komitmen untuk berjuang melindungi anak-anak dari ketidakadilan. Lewat kuliah hukum sampai memiliki profesi pengacara yang saya dedikasikan untuk menolong anak-anak korban kekerasan.


Bagi saya, setiap anak adalah anak kita. Dan melindungi anak-anak dari kekerasan dalam bentuk apapun adalah tanggung jawab kita bersama. Kejahatan pada anak membawa anak-anak dalam kondisi menyedihkan, baik secara fisik maupun psikis. Dan banyak yang belum terungkap.

Apakah kita harus diam? Tentu tidak.

Semoga saya dan kawan-kawan selalu diberi kekuatan dalam perjuangan ini. Demi anak-anak Indonesia dan masa depan bangsa.

Tulisan tersebut diunggah Cornelia di akun Instagram @perempuanpanggung miliknya, menandai babak baru dalam hidupnya untuk lebih berdaya dalam membela kepentingan anak-anak Indonesia.

Keseriusan Cornelia membela hak-hak anak dibuktikannya dengan pendidikan yang mendukung perjuangannya. Ia menamatkan S1 Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia pada tahun 2018 dengan skripsi berjudul Hak Perlindungan Anak di Zona Perang yang meraih nilai A.

Lalu di usia 48 tahun, ia berhasil menyelesaikan pendidikan khusus advokat dan mengikuti pengambilan sumpah advokat pada Januari 2021. Ya, Cornelia kini sah berprofesi sebagai pengacara, yang fokus pada pembelaan hak anak.

Bagi ibu dari si kembar Makayla Athaya dan Tristan Athala ini, anak-anak tidak boleh hidup dalam ketakutan, penderitaan, dan trauma. Adalah kewajiban semua orang untuk melindungi anak-anak atas rasa kemanusiaan, empati, dan cinta. Hanya dengan begitulah seorang anak akan tumbuh menjadi manusia yang sehat secara fisik, mental, dan sosial.

Ada 3 hal yang menurut Cornelia harus ditanamkan dalam diri seorang anak yaitu cinta, perhatian, dan kasih sayang. Karena jika pikiran dan jiwa anak sehat, maka ia dapat membawa kebaikan bagi sekitarnya.

"Saya berharap bisa bekerja sebaik mungkin dan bisa memberi perubahan. Ini semua karena kecintaan saya terhadap anak-anak. Dari cinta itu kita bisa melakukan apa saja, mulai dari membawa perubahan juga membantu orang banyak. Saya juga pengacara yang dengan bidang yang saya dedikasikan untuk anak-anak korban kekerasan. Dengan menjadi Ketua Komnas Anak DKI Jakarta, semoga saya bisa lebih berkembang, berbuat lebih banyak lagi, dengan aksi nyata yang lebih terlihat," ujar Cornelia menyuarakan harapannya sesaat setelah dilantik menjadi orang nomor satu di Komnas Perlindungan Anak Jakarta.

Close X

Nadine Kaiser dan Cinta Laut Warisan Ibu

Sebelumnya

Jabat Bupati Luwu Utara 2 Periode, Indah Putri Indriani: 'Turun Tangan, Bukan Angkat Tangan'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women