post image
Agar tidak terjadi celah perpecahan dengan orangtua, ada baiknya anak menyampaikan keinginan dan pendapatnya dengan cara bijaksana/ Net
KOMENTAR

ANAK usia remaja seringkali memiliki pendapat yang berbeda dengan orangtua. Tidak jarang pula karena perbedaan pendapat tersebut, hubungan antara orangtua dengan anak menjadi renggang.

Orangtua ingin anaknya mengikuti kemauan mereka dengan alasan itu adalah pilihan terbaik. Tetapi ada kalanya pula anak berpandangan bahwa pilihan orangtua tidak cocok dengan minat dan kemampuannya.

Agar tidak terjadi celah perpecahan dengan orangtua, ada baiknya anak menyampaikan keinginan dan pendapatnya dengan cara bijaksana.

1. Dengarkan dan pertimbangkan

Tujuan pertama berbincang dengan orangtua adalah untuk meminta saran dan pendapat. Karena itu, dengarkan dulu apa yang disampaikan mereka.

Coba untuk tidak membantah atau memotong pembicaraannya. Kemudian, pertimbangkan plus dan minus dari pendapat/saran orangtua untuk jangka panjang dan pendeknya.

Selalu ingat bahwa orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

2. Cari referensi sebanyak mungkin

Jika sudah mempertimbangkan pendapat orangtua dan beranggapan bahwa yang menjadi pilihan kita sudah sesuai passion, jelaskan dengan baik.

Sampaikan pendapatmu dengan berbekal referensi yang cukup. Hindari berargumen dengan kalimat, "kata si A".

Cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai pilihan mu. Dengan begitu, orangtua akan yakin bahwa kamu sudah tahu plus dan minusnya, dan memang mantap dengan pilihan tersebut.

3. Cari waktu yang tepat

Saat kamu sudah mengantongi referensi yang banyak, cari waktu yang tepat untuk menyampaikannya. Misalnya, saat santai keluarga atau saat orangtua sedang senang. Dengan begitu mereka akan fokus dan positif mendengarkan dan menanggapi pendapatmu.

4. Tenang

Sampaikan dengan tenang pendapatmu. Uraikan dengan rinci dan pakai nada bicara yang baik.

Yakinkan orangtua bahwa kita siap berkomitmen dan butuh kenyamanan untuk menjalankan semuanya. Karena dengan rasa nyaman tersebut, semangat untuk menjalankan keinginan itu akan didapat.

5. Komitmen

Buktikan bahwa kamu bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh dengan pilihan itu. Misalnya, giat belajar dan bersikap lebih baik.

Ubah sikap menjadi lebih mandiri dan bantu orangtua untuk memenuhi kebutuhan mu. Dengan begitu, mereka akan lebih percaya bahwa pilihanmu adalah yang terbaik.

6. Berdoa

Berdoalah agar jalan yang kamu ambil adalah yang tepat dan orangtua merestuinya. Karena dengan restu orangrua, semua akan menjadi lebih mudah.

Ingat bahwa orangtua selalu memberikan dukungan yang terbaik untuk masa depan anak. Jadi yakinkan mereka bahwa apa yang menjadi pilihanmu adalah yang bisa membawamu pada masa depan yang lebih baik.

 

Close X

Plus Minus Beragam Jenis Gula yang Perlu Bunda Ketahui

Sebelumnya

5 Tips Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda Sebelum Terlambat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family