Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MUSIM hujan sudah datang, sejumlah wilayah di ibukota pun mulai tergenang. Saat seperti ini, biasanya anak-anak senang sekali memanfaatkan hujan dan banjir untuk bersenang-senang.

Padahal, sejumlah penyakit yang biasa datang mulai mengintai. Seperti demam berdarah dan leptospirosis.

Tapi, ada beberapa penyakit lain yang mesti menjadi perhatian serius. Berikut ini penyakit yang harus diwaspadai selama musim penghujan

1. Influenza

Flu atau influenza harus diperhatikan betul selama musim penghujan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Menyebar melalui dahak, ingus, bahkan air liur penderita saat batuk atau bersin.

Gejala yang umum ditunjukkan oleh penderita flu adalah demam, batuk, pegal-pegal, dan gatal atau sakit di tenggorokan.

Terkadang flu ringan bisa sembuh sendiri. Tetapi tidak jarang pulang yang menimbulkan komplikasi, berupa pneumonia.

2. Diare

Penyakit paling umum selama musim penghujan adalah diare. Penyebabnya bakteri, virus, ataupun parasit yang mengontaminasi makanan maupun minuman.

Sama dengan influenza, diare ringan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi saat parah dan tidak juga sembuh selama berminggu-minggu, wajib segera diobati agar tidak menimbulkan dehidrasi dan syok karena kekurangan cairan tubuh.

3. Hepatitis A

Selain penyakit musiman yang biasa datang saat hujan turun, Hepatitis A atau peradangan organ hati, juga mengintai. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A.

Gejala yang biasa dimunculkan adalah mual, muntah, kelelahan, sakit perut, hilang nafsu makan, dan demam. Pada beberapa kasus, Hepatitis A bisa menimbulkan penyakit kuning.

4. Demam tifoid

Yaitu tipes yang disebabkan juga oleh infeksi bakteri yang dinamakan salmonella typhi.

Tipes juga bisa sangat berbahaya. Biasanya penderita akan mengalami demam hingga berminggu-minggu. Tidak hanya demam, gejala lain yang muncul adalah nyeri perut, sakit kepala, kurang nafsu makan, konstipasi, bahkan diare.

Pada beberapa kasus, demam tifoid yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi, seperti meningitis, infeksi hati dan kantung empedu, pneumonia, bahkan hingga gangguan ginjal dan jantung.

Penyakit ini disebabkan oleh kuman yang menyebar melalui makanan dan air yang kotor, termasuk air banjir.

5. Leptospirosis

Penyakit yang ditularkan lewat urin hewan, seperti tikus, anjing, dan sapi ini membuat penderitanya akan mengalami gejala sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, nyeri di bagian betis, hingga sakit perut.

Penyakit ini muncul saat seseorang bersentuhan dengan tanah atau air yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Untuk kasus yang sudah parah, bisa menyebabkan sepsis, gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga gagal napas.

6. Asma

Bagi penderita asma, musim hujan menjadi ancaman nyata. Sebab, musim hujan identik dengan udara dingin yang bisa memicu kambuhnya asma, apalagi untuk anak-anak.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health