Becca Butcher/ Net
Becca Butcher/ Net
KOMENTAR

KISAH unik Becca Butcher, asal South Yorkshire, Inggris belum lama ini mencuri perhatian. Ia mengidap Sindrom Polandia yang membuatnya memiliki seolah hanya satu payudara.

Dilansir dari Dailymail, Becca menggatakan jika ia mulai mengalami adanya Sindrom Polandia saat ia melihat perbedaan ukuran payudaranya saat masa pubertas.  

Awalnya Becca sendiri tak menyadari perbedaan ukuran ini. Namun saat teman-temannya membullynya dan mengatakan kalau salah satu payudaranya lebih besar dari yang lainnya, ia pun mulai memikirkan ejekan temannya itu.

Karenanya, ia pun lantas memeriksakan diri ke dokter. Saat itu dokter hanya mengatakan kalau salah satu payudaranya belum berkembang dengan baik karena ia masih dalam masa pubertas.

Karena masih ragu, terlebih ia pun memang melihat perbedaan yang nyata, Becca pun berulang kali mengunjungi dokter untuk lagi-lagi menanyakan sebab ukuran payudara yang berbeda. Tapi, dokter selalu mengatakan bahwa itu hal yang wajar terjadi karena ia masih dalam masa pubertas.

"Saya selalu mengunjungi dokter setiap 6 bulan atau lebih selama usia 15 hingga 16 tahun. Tapi, dokter selalu mengatakan saya masih dalam masa pubertas," jelasnya

Waktu berlalu dan ia belum dapat penjelasan pasti, sementara seiring perkembangan usianya yang sudah tidak masuk pubertas lagi Becca semakin menemukan fakta bahwa payudara kanannya justru berkembang hingga ukuran D dan payudara kirinya tetap pada ukuran A.

Melihat kondisi ini di usianya yang ke 23 tahun, Becca semakin yakin ada masalah dan khawatir akan kondisinya. Akhirnya, ia mencari tahu sendiri kondisinya secara online. Ternyata, masalah perbedaan ukuran payudara yang dialami Becca disebut dengan Sindrom Polandia. Yaitu kondisi dimana seseorang dilahirkan tanpa otot atau otot yang tidak berkembang di salah satu sisi tubuh.

Saat mengetahui kondisinya yang mengidap sindrom langka, Becca mendapatkan beberapa penawaran utuk melakukan operasi payudara secara gratis di sebuah rumah sakit. Namun karena ia menganggap ini tak menganggu kesehatannya dan suaminya pun menerima kondisi dia apa adanya, Becca menolaknya.

Becca sendiri mengatakan ia membagikan kisahnya ini karena ingin para perempuan lain untuk mewaspadai kondisi ini. Lewat akun media sosialnya @beccabutcherx dan akun youtubenya, Becca yang berprofesi sebagai digital creator kerap membagikan kegiatannya. Ia pun terlihat tak sungkan memakai busana yang bisa memperlihat perbedaan buah dadanya ini.

Ia memilih speak up untuk menginspirasi perempuan lainnya agar tak perlu malu jika mengalami kondisi langka serupa.

Lalu apakah di Indonesia ada yang mengidap sindrom ini?

Dari penelusuran Farah.id, di Indonesia sendiri tahun 2019, bocah asal Bogor bernama Adelio mengidap Sindrom Polandia dan jadi kasus pertama di Indonesia dari 2000 kasus di dunia.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women