Dengan berolahraga hati menjadi senang dan stres pun berkurang/ Net
Dengan berolahraga hati menjadi senang dan stres pun berkurang/ Net
KOMENTAR

OLAHRAGA adalah cara terbaik untuk mendapatkan dan mempertahankan tubuh yang sehat. Dengan berolahraga, hati menjadi senang dan stres pun berkurang.

Ada yang memilih berolahraga pagi hari, sore, bahkan malam hari. Masyarakat kota biasanya menyesuaikan waktu olahraga dengan waktu senggang yang dimiliki.

Tapi sebenarnya, kapankah tepatnya olahraga dilakukan? Pagi, sore, atau malam hari?

Sebuah penelitian ada yang menyebutkan olahraga pagi hari sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Namun pada penelitian lainnya, olahraga malam juga tidak kalah penting untuk mengurangi berat badan yang sudah berlebih.

Penelitian terakhir dikuatkan dengan sebuah makalah baru yang diterbitkan oleh Jurnal Experimental Physiology bahwa olahraga malam tidak akan mengganggu kualitas tidur. Justru akan merangsang munculnya hormon ghrelin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Lalu, adakah waktu yang tepat untuk berolahraga pada pagi, sore, maupun malam hari?

Olahraga Pagi

Journal of Physiology menemukan, olahraga pada jam 7 pagi bisa.membuat tubuh lebih bugar dan fresh. Keringat pagi juga menyebabkan kesehatan mental dan produktivitas lebih baik sepanjang hari.

Cara tepat berolahraga. Di pagi hari adalah lari pagi atau jogging selama 10 menit dalam keadaan perut kosong. Sebab, hal itu efektif membakar lemak, menurunkan berat badan, dan membuatnya menjadi lebih ideal.

Olahraga Sore

Masih berdasarkan studi dari Journal of Physiology, berolahraga antara jam 1 sampai 4 sore, dengan cara yang sama saat berolahraga pagi, dapat membuat tubuh lebih fresh, bersemangat, dan kembali fokus.

Tak hanya itu, olahraga sore hari juga menjadi cara bagus untuk menghindari kadar lemak dalam tubuh dan menyehatkan paru-paru.

Olahraga Malam

Disebutkan dalam Journal of Physiology, berolahraga antara jam 7 sampai 10 malam akan membuat tidur pulas. Justru olahraga malam sangat efektif buat yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Jadi, olahraga pagi, sore, maupun malam hari bisa saja dilakukan dengan teknik dan waktu yang tepat untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan.

 




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health