post image
Ilustrasi aneka jenis gula/ Net
KOMENTAR

GULA selalu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak fungsi dari gula. Selain untuk membuat minuman manis, gula seringkali dipakai untuk penambah cita rasa masakan.

Jenis gula pun sangat beragam, ada gula aren, gula pasir, dan gula jagung. Ada juga gula rafinasi yang dipakai dalam industri makanan serta minuman.

Beragam jenis gula ini memiliki kegunaan sendiri-sendiri. Yuk Bunda, kita mengenal fungsi dan manfaat gula agar tidak salah konsumsi dan menggunakannya.

1. Gula rafinasi (refined sugar)

Bentuknya hampir mirip dengan gula pasir yang sering ditemui. Hanya saja, gula jenis ini tidak bisa langsung dikonsumsi.

Gula rafinasi, mengutip dari laman sehatq.com, harus diolah terlebih dulu. Makanya, yang biasa memakai gula jenis ini adalah industri makanan dan minuman.

Refined sugar terbuat dari olahan gula bit dan gula tebu. Sayangnya gula jenis ini tidak memiliki kalori yang dibutuhkan tubuh, sehingga dari sisi kesehatan gula rafinasi sangat buruk.

2. Pemanis buatan

Ia adalah sejenis gula penggabti yang terbuat dari olahan kimiawi. Contohnya adalah sakarin, aspartam, acesulfame potassium, sukralosa, dan neotam.

Sama dengan gula refinasi, pemanis buatan ini juga rendah kalori dan tidak membuat kerusakan pada gigi. Tapi konsumsi berlebihan akan menimbulkan kanker.

3. Gula jagung

Diolah dari jagung yang digiling dan dibuat menjadi sirup. Rasanya pun manis, mirip dengan gula putih. Orang seringkali menggunakannya sebagai pengganti gula pasir.

Namun efek jangka panjang dan risiko kesehatan dari penggunaan gula jagung sama dengan gula pasir.

4. Gula karamel

Adalah pemanis yang dibuat dengan cara mengentalkan gula. Biasanya dipakai untuk pemberi rasa dan warna pada aneka kue.

Jumlah kalori dari gula.karamel tergolong tinggi. Dalam 2 sendok gula karamel terdapat 110 kalori.

Konsumsi berlebih dari gula karamel sangat berbahaya bagi kesehatan. Bisa menimbulkan diabetes, obesitas, hingga risiko penyakit jantung.

5. Gula batu (rock sugar)

Gula ini dikristalkan dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis serta rasanya ringan. Gula batu mengandung 6,5 gram karbohidrat dan 25 kalori dalam 1 sendok makannya.

Rock sugar bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, karena mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Sangat bagus untuk menggantikan gula pasir.

6. Gula merah / gula Jawa

Terbuat dari nira pohon kelapa yang dipadatkan dan bentuknya silinder. Indeks glikemiknya cukup rendah, yaitu ada di angka 55.

Gula merah bermanfaat untuk menambah cita rasa dan sumber energi bagi tubuh. Juga meningkatkan daya tahan dan mencegah anemia.

7. Brown sugar

Close X

Saat Orangtua Beda Pendapat dengan Anak Remaja, Ini Tips Menyikapinya dengan Santun

Sebelumnya

5 Tips Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda Sebelum Terlambat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family