Aminah Shafiq/ Net
Aminah Shafiq/ Net
KOMENTAR

TEROBOSAN baru untuk muslimah semakin bertambah. Di Birmingham, Inggris, Aminah Shafiq seorang insinyur muslimah menciptakan jilbab khusus yang sesuai dengan kegiatannya sebagai pekerja lapangan, yaitu jilbab khusus untuk pemakai helm konstruksi.

Dikutip dari laman birminghammail.com, Aminah menciptakan jilbab ini karena ia menyadari tidak ada pilihan jilbab yang pas digunakan untuknya saat terjun ke lapangan. Aminah sendiri berprofesi sebagai penasihat senior kualitas air.

Selama ini dikatakan oleh Aminah, jilbab yang ada sering tersangkut dan tidak pas dengan helm konstruksi yang ia pakai saat bekerja.

"Saya sering diminta pergi ke banyak lokasi operasional kami. Sebagai seorang wanita muslim saya kerap mengalami kesulitan saat mengenakan helm, di sini tantangannya,” ujarnya seperti Farah.id kutip dari birminghammail.com

Dijelaskan oleh Aminah, terkadang ada bagian kain dari jilbabnya  yang tersangkut helm dan ia merasa kurang nyaman. Namun ia tidak ingin pilihannya berjilbab menjadi terkendala apalagi sampai membuka jilbab.  

“Jadi dengan dukungan penuh dari Severn Trent, saya ingin mencari solusi lalu kami merancang jilbab khusus APD (Alat Pelindung Diri) pertama kami,” tambahnya.

Aminah mengatakan dia mengambil inspirasi dari jilbab yang dirancang untuk para atlet karena penggunaan bahannya lebih ringkas dan pas untuk dipakai di bawah helm.

Ketika contoh jilbab dibuat, jilbab langsung dikenakan kepada wanita lain yang juga berjilbab dan hampir semua merasa nyaman.

"Bahan yang ringan dan sejuk membuat nyaman sepanjang hari. Saya sangat berharap jilbab ini akan membantu membuka jalan bagi lebih banyak muslimah untuk memulai karier di bidang teknik,” harap Aminah.

Hal senada juga disampaikan seorang juru bicara Severn Trent. "Kami senang dapat memproduksi jilbab APD pertama kami yang memudahkan pemakai jilbab untuk tetap merasa nyaman menggunakan helm konstruksi. Praktis dan aman.”

 

 




Masnu’ah, Pahlawan Ketidakadilan Gender di Pesisir Demak

Sebelumnya

Bangkit dari Titik Terendah, Sri Mulyani Ingat Pesan Ibu untuk Berpegang Teguh pada 3 Hal Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women