Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PERNAH tidak Bunda merasakan sakit atau nyeri di bagian payudara? Saat diraba, tidak ada benjolan yang menjadi tanda awal adanya penyakit tumor atau kanker. Hanya sakit di seputaran payudara, rasanya seperti masuk angin.

Kondisi seperti ini memang kerap dialami wanita. Dalam dunia medis, disebut mastalgia yaitu nyeri pada bagian luar payudara yang terkadang menjalar hingga ke ketiak.

Jika tidak ditemui benjolan, kemungkinan kanker tidak terjadi. Mengutip salah satu laman di halodoc, ada beberapa penyebab nyeri payudara, yaitu:

1. Perubahan hormon akibat menstruasi

Anak remaja yang baru saja menstruasi, biasanya mengalami perubahan hormon. Nah, perubahan hormon ini terkadang memunculkan rasa nyeri di bagian payudara. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena nyeri berangsur akan hilang jika menstruasi telah selesai.

2. Salah menggunakan bra

Penyebab lain dari nyeri payudara adalah salah menggunakan bra. Penyangga payudara sebaiknya haruslah sesuai dengan ukuran payudara, jangan terlalu ketat.

Bra yang terlalu ketat bisa membuat nyeri pada payudara. Begitu pula bra dengan kawat, sebaiknya tidak digunakan saat berolahraga.

Jadi, sesuaikan penggunaan bra dengan ukuran payudara dan aktivitas yang dilakukan untuk mengurangi risiko nyeri payudara.

3. Cedera dada

Ada beberapa penyebab terjadinya cedera dada, salah satunya olahraga. Cedera tersebut biasanya disebabkan kurangnya pemanasan atau peregangan pada bagian dada saat memulai olahraga.

Saat stretching pada bagian dada dilakukan dengan cara yang salah, otot-otot pada dada akan mudah mengalami cedera dan menimbulkan nyeri pada payudara.

Tak hanya nyeri, biasanya cedera dada juga akan membuat seseorang mengalami sesak napas.

4. Mastitis atau peradangan payudara

Radang payudara biasanya dialami oleh ibu menyusui. Apalagi saat usia anak semakin besar dan gigi sudah tumbuh, peradangan sangat mungkin terjadi di bagian puting. Atau, peradangan bisa juga disebabkan oleh penyumbatan ASI.

5. Pola makan yang tidak sehat

Kebiasaan memakan banyak lemak atau makanan siap saji dan kafein, bisa menjadi penyebab nyeri pada bagian payudara. Ada baiknya mulai mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan kaya akan nutrisi.

6. Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan bisa memicu munculnya nyeri di payudara. Misalnya KB hormonal, anti-depresan, dan antipsikotik. Jika saat mengonsumsi obat-obatan tersebut muncul rasa nyeri, segera berkonsultasi dengan dokter untuk meminta obat penggantinya.

7. Perubahan struktur payudara

Penyebab selanjutnya adalah struktur periodik payudara dan biasanya rasa nyeri dimulai dari area luar payudara yang menyebar ke seluruh bagian dada.

Jika rasa nyeri pada dada sudah tidak bisa ditolerir, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.




7 Makanan Pilihan yang Siap Menyapu Kolesterol dari Tubuh Kita

Sebelumnya

Pentingnya Mengurangi Asupan Gula dalam Pola Makan Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health