Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MESKI PPKM sudah dilonggarkan, namun sebagian perusahaan masih memberlakukan work from home (WFH) untuk sebagian pegawainya. Beberapa sekolah juga masih menerapkan pembelajaran daring.

Penggunaan gadget, seperti komputer maupun handphone, sangat mendominasi. Selain sangat berbahaya bagi mata, ada penyakit lain yang mengintai. Yaitu Computer Vision Syndrome.

Apa itu Computer Vision Syndrome?

CVS adalah kumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer atau layar monitor yang berlebihan.

Gejala yang dimaksud seperti mata kering; mata merah, pedas, dan berair; sakit kepala; penglihatan buram; sakit pada leher dan bahu.

Sindrom ini biasanya akan muncul saat seseorang berada 2 jam terus menerus di depan layar/monitor.

Menghindari & Mengurangi VCS

Untuk menghentikan risiko kesehatan yang lebih buruk lagi, ada baiknya mencegah dan mengurangi risiko VCS. Mengutip laman Instagram Pandemictalks, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Jangan lupa berkedip

Berkedip adalah cara untuk menjaga mata agar tidak kering. Normalnya kita berkedip 15 kali per menit. Namun jika sudah berada di depan layar, refleks berkedip berkurang menjadi 5 sampai 7 kali per menit.

Jika dengan berkedip mata masih terasa kering, gunakan tetes mata artifisial untuk membantu menyegarkannya.

2. Atur posisi yang benar

Atur posisi duduk, yaitu duduk tegak, punggung lurus, dan bahu ke belakang. Hindari bersandar ke satu sisi tubuh, posisi siku membentuk huru "L", sejajarkan lutut dengan pinggul.

Usahakan kaki tidak menggantung atau menapak pada lantai. Bila perlu, gunakan sandaran kaki. Dan hindarkan menyilangkan kaki.

Letakkan layar komputer 15-20 derajat di bawah mata dengan jarak 1 rentangan tangan. Sesuaikan kontras dengan cahaya sekitar.

3. Pakai jurus istirahat

Jurus istirahatnya adalah rumus 20-20-20. Setiap 20 menit melihat komputer atau layar monitor, istirahatkan mata dengan memandang jauh ke depan yang jaraknya 20 kaki atau 6 meter, selama 20 detik.

Lakukan berulang setiap 20 menit menatap ke layar.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan kacamata blue light?

Sejauh ini sering dikatakan bahwa paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh latar monitor bisa membahayakan mata. Namun ternyata berdasarkan penelitian cahaya biru tidak membawa efek negatif pada mata.

Jadi, penggunaan kacamata pemfilter blue light belum direkomendasikan untuk dipakai selama menatap monitor komputer atau gadget.

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health