Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PROGRAM vaksinasi Covid-19 terus dilakukan pemerintah. Tujuannya untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Saat ini, pemerintah sudah menyiapkan 5 jenis vaksin yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Sinopharm.

Biasanya, keluhan yang terjadi saat setelah vaksin adalah efek samping ringan. Seperti pegal dan bengkak di bekas suntikan dan demam. Meskipun ringan, tetap saja mengganggu aktivitas.

Untuk mengurangi efek samping tersebut, ada baiknya mengonsumsi sejumlah makanan ini. Makanan-makanan tersebut kaya akan gizi dan mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Vitamin C

Vitamin C terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mampu mencegah dan memperpendek durasi sakit seseorang.

2. Makanan utuh

Dipercaya mampu membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik, sehingga peradangan dalam tubuh dapat diatasi. Makanan utuh berasal dari bahan pangan alami yang mengandung semua bagian yang dapat dimakan dan tidak mengalami pembuangan atau pengurangan dari bagian yang dapat dimakan itu. Makanan utuh tidak melewati proses teknogi pemurnian. Contoh makanan utuh adalah kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

3. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Taburkan kunyit bubuk pada makanan yang akan kamu konsumsi.

4. Ikan

Berbagai jenis ikan seperti salmon, mackarel, sarden, teri, dan herring memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi yang merupakan antiinflamasi.

5. Air

Dokter menganjurkan untuk mengonsumsi air yang banyak agar tetap terhidrasi, baik sebelum maupun sesudah vaksin.

Hindari mengonsumsi junk food atau makanan siap saji sesudah vaksinasi. Dan hindari minuman beralkohol sebelum dan sesudah vaksinasi untuk menghindari efek samping yang berat.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health