KOMENTAR

BAGI kamu penikmat K-Drama dan K-Pop, tentu tak asing lagi dengan keindahan hanbok yang merupakan pakaian tradisional rakyat Korea. Para personel BTS dan Blackpink misalnya, terlihat tak sungkan mengenakan hanbok yang membuat penampilan mereka makin unik dan menawan.

Dilansir kukinews.com, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menetapkan “Hari Hanbok” demi memotivasi masyarakat Korea Selatan untuk mengenakan hanbok dengan bangga.

Jika membaca sejarah awalnya, setiap dinasti kerajaan di Korea mempunyai jenis hanbok yang berbeda-beda dikarenakan adanya pengaruh dari China dan Jepang.

Hanbok terdiri dari dua bagian yaitu busana atas dan bawah yang bisa dikenakan wanita maupun pria.

Untuk wanita, busana bagian atas disebut jeogori dengan kerah garis leher V yang dinamakan dongjeong, dan dikaitkan dengan goreum atau pita pengikat. Berlengan panjang lurus dan melengkung untuk memudahkan dalam bergerak.

Untuk busana bagian bawah wanita, disebut chima yaitu rok panjang yang menutupi kaki, dan dilapisi rok dalaman yang disebut sokchima yang membuat rok berbentuk mengembang dan lebar hingga tidak membentuk lekuk tubuh.

Sedangkan untuk pria, jeogori yang dikenakan memiliki ukuran lebih besar dan lebih panjang. Pria Korea juga menggunakan topi yang disebut get saat pergi keluar dan mengenakan durumagi (jaket panjang) untuk menghadiri acara penting sekaligus menunjukkan status sosial pemakainya. Untuk bagian bawah disebut baji yaitu celana berbentuk lebar dan menyempit di bagian bawah.

Jenis kain untuk hanbok yang digunakan setiap orang tidak sama, tergantung pada status sosial masing-masing.

Para keluarga kerajaan menggunakan kain sutra dengan warna cerah seperti merah, biru, hitam, putih, emas, serta dihiasi bordiran emas.

Sedangkan rakyat biasa menggunakan kain katun linen juga katun rami dengan warna yang ‘suram’ seperti cokelat muda, putih, atau biru tua.

Bentuk lengan hanbok yang melebar menyimbolkan kehangatan rakyat Korea juga menjadi simbol menjunjung tinggi kebebasan dan kemerdekaan negara Korea.

Hanbok hingga kini masih sering dikenakan masyarakat Korea pada momen tertentu seperti perayaan usia anak satu tahun, pernikahan, dan pergi ke pemakaman.

Saat ini sudah banyak hanbok modern yang dimodifikasi alias tidak terpaku pada pakem-pakem terdahulu. Hanbok yang lebih casual ini banyak dipakai sebagai pakaian sehari-hari. Salah satunya, seperti yang dikenakan empat personel Blackpink dalam video musik How You Like That.  

Tertarik untuk memakai hanbok dengan gaya tradisional atau modern? Sesuaikan gayamu dengan acara yang ingin kamu datangi, kamu pasti terlihat memukau!




Rekomendasi Makeup Natural untuk Remaja: Saatnya Tampil Cantik Tanpa Berlebihan

Sebelumnya

Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Berikutnya

KOMENTAR ANDA