Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KOTA Jakarta masuk zona hijau Covid-19. Gubernur Anies Baswedan menjelaskan bahwa tingkat pembatasan mobilitas warga di masa pandemi bergantung pada indikator yang telah ditetapkan.

Indikator pembatasan mobilitas warga selama pandemi Covid-19 termasuk keterisian rumah sakit, positivity rate, dan sejumlah indikator penunjang.

Kriteria tersebut menurut Anies bisa dijadikan rujukan untuk daerah-daerah lain dalam menentukan level PPKM. "Berdasarkan ukuran yang secara konsisten dilaksanakan," ujar Gubernur DKI Jakarta, Sabtu (14/8/21).

Sehari sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Ahmad Patria mengucapkan terima kasih karena Jakarta berhasil keluar dari zona merah Covid-19.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja sama semua pihak, termasuk komunitas dunia usaha, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, terutama semua warga Jakarta yang taat prokes 5M dan memilih beraktifitas dari rumah dengan penuh rasa tanggung jawab selama PPKM level 4 dilaksanakan.

Kondisi per 13 Agustus 2021 sebanyak 24.011 RT dalam zona hijau, 349 RT dalam zona oranye, dan sisanya tujuh RT yang masih dalam zona merah. Tujuh RT tersebut adalah empat RT di kelurahan Cibubur, Kramat Jati, dan Susukan, Jakarta Timur, tiga RT di kelurahan Ciganjur dan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wagub Riza juga menjelaskan persentase BOR di rumah sakit rujukan Covid-19 untuk ruang isolasi sebesar 33% dan ruang ICU masih terpakai 59%. Diharapkan angka tersebut terus menurun demi terkendalinya penularan virus.

Salah satu sudut kota Jakarta yang terlihat dipenuhi masyarakat pada Minggu pagi (15/8/21) adalah area Kanal Banjir Timur terutama yang membentang sepanjang Jl. Jend. R. S. Soekanto hingga Jl. Kol. Sugiono, Jakarta Timur.

Tampak masyarakat memenuhi area yang dikenal dengan sebutan BKT itu untuk lari pagi maupun 'rekreasi' dan belanja. Para pedagang sudah mulai berjualan, mulai dari pedagang baju, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Tidak ketinggalan pedagang mainan anak hingga delman pun tersedia untuk dinikmati warga.

Sebelumnya, selama PPKM, area BKT ditutup pembatas jalan berbahan beton dan dijaga Satpol PP.

Satu hal yang harus dijaga, jangan sampai euforia zona hijau membuat masyarakat mulai lengah menaati protokol kesehatan.

 




CERDIK Beraktivitas Usai Libur Lebaran

Sebelumnya

Korea Selatan Impor Siswa dari Empat Negara Imbas Tingkat Kelahiran yang Terus Menurun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News