Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KEHILANGAN Indra penciuman (anosmia) merupakan salah satu gejala infeksi Covid-19. Selain tidak bisa mencium aroma apapun, terkadang anosmia juga bisa merembet ke hilangnya indera pengecapan atau perasa.

Belakangan istilah anosmia menjadi ngetop lantaran dijadikan salah satu gejala utama seseorang positif terinfeksi virus Corona. Padahal sebelumnya anosmia bisa dialami siapa saja, terutama yang sedang menderita flu berat.

Walaupun terlihat sederhana, namun anosmia ini cukup berbahaya. Orang yang kehilangan indera penciumannya bisa kehilangan nafsu makan dan pada akhirnya akan mengalami kekurangan gizi.

Di bawah ini, ada 8 cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan indera penciuman.

1. Fokus
Saat kehilangan indera penciuman, artinya anda masih memiliki beberapa indera lain, yaitu penglihatan dan pendengaran. Cobalah fokus memanfaatkan indera yang masih normal itu.

Saat hendak makan, carilah makanan bertekstur dan memiliki warna-warna cantik. Tambahkan pula beragam herbal dan rempah ke dalam makanan.

2. Konsumsi makanan dengan rasa yang tajam
Penambahan herbal dan rempah ke dalam makanan adalah salah satu cara mendapatkan rasa dan aroma yang kuat. Misalnya bubuk bawang putih, bubuk cabai, kayu manis, atau cuka. Dengan begitu, Indra perasa dan penciuman akan terstimulasi dengan baik.

Bisa juga mengonsumsi makanan asam, seperti lemon, jeruk nipis, atau buah asam.

3. Konsumsi makanan favorit
Cara yang satu ini dipakai untuk mengembalikan selera makan yang hilang akibat anosmia. Maksud mengonsumsi makanan favorit adalah jika Anda gemar makanan yang asin atau pedas, tidak ada salahnya untuk beberapa saat menambahkan garam atau cabai ke dalam masakan.

4. Sedikit tapi sering
Usahakan makan setiap 2 sampai 4 jam sekali. Cara ini cukup efektif untuk mereka yang kehilangan indera penciuman, karena dapat merangsangnya kembali normal. Pastikan asupan karbohidrat, protein, serta lemak dalam makanan tersebut. Dan sediakan camilan sehat untuk menghilangkan rasa mual akibat mengonsumsi makanan yang tidak ada rasa.

5. Perbanyak minum
Air mineral sangat diperlukan saat seseorang kehilangan indera penciumannya. Dengan membiarkan mulut kering justru memperparah anosmia. Cobalah untuk minum setiap saat, utamanya di sela-sela makan.

6. Gunakan larutan garam
Larutkan sejumput garam untuk membilas rongga hidung. Cara ini erbukti ampuh memulihkan kemampuan indera penciuman yang hilang akibat infeksi.

7. Mencoba aroma terapi
Latih penciuman dengan menghirup minyak esensial atau aroma terapi atau minyak Atsiri selama 20-40 detik. Lakukan 2-3 kali sehari.

Minyak aroma terapi merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diyakini dapat mengatasi masalah kesehatan, salah satunya anosmia.

8. Stop merokok
Cobalah untuk berhenti merokok saat Anda mulai kehilangan indera penciuman. Sebab, kebiasaan ini sangat mengganggu kepekaan penciuman.

Dari berbagai sumber




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health