Di sepuluh hari terakhir Ramadhan, perbanyaklah beribadah qiyamul Lail seperti tarawih, tahajud, membaca Al Qur'an, memperbanyak istighfar, hingga bershalawat/ Net
Di sepuluh hari terakhir Ramadhan, perbanyaklah beribadah qiyamul Lail seperti tarawih, tahajud, membaca Al Qur'an, memperbanyak istighfar, hingga bershalawat/ Net
KOMENTAR

RAMADHAN sebentar lagi berakhir. Bulan yang penuh keutamaan adalah fasilitas yang diberikan Allah Swt. untuk hamba-Nya demi meraih Rahmat. Karenanya, Rasulullah Saw. menyontohkan untuk menggiatkan ibadah hingga mengamalkan banyak perbuatan baik.

Ustadz Abdul Somad dalam channel YouTube pribadinya menjelaskan, untuk memaksimalkan hari terakhir ini, ada beberapa amalan utama yang bisa dikerjakan muslim. Apa saja amalannya?

1. Mencari Lailatul Qadar
Amalan utama yang tidak boleh luput bagi seorang muslim di beberapa hari terakhir adalah mencari Lailatul Qadar. Yaitu, mencari malam yang penuh berkah dengan cara maksimal, contohnya dengan menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir.

"Nabi di 10 hari terakhir dibangunkannya keluarganya, anak istrinya untuk shalat malam. Diikatkannya kain, artinya lebih khusyuk beribadah dibanding 20 malam yang telah berlalu. Yang selama ini tidurnya banyak, 10 malam ini diperbanyak ibadah," kata UAS.

2. Lakukan beragam ibadah
Banyaklah beribadah qiyamul Lail seperti tarawih, tahajud, membaca Al Qur'an, memperbanyak istighfar, hingga bershalawat.

Shalawatnya seperti: "allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala aalihi sayyidina Muhammad."

3. Merenung dan muhasabah
Introspeksilah atas semua dosa dan bekal akhirat yang masih sedikit.

4. Zakat fitrah
Amalan ini salah satu yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim dengan memberikan zakat yang terbaik. Pembayarannya bisa ditunaikan dengan makanan pokok, seperti beras atau uang.

"Timbangan Syafi'i 2,40 dan kalau Kemenag 2,5 persen. Sedangkan menurut kyai saya adalah 2,7. Atau kalau bingung, genapkan saja 3 kilogram. Berasnya yang paling enak, paling nyaman, lezat sedap, dan yang paling mengenyangkan. Jangan makan memakai beras enak, sedangkan berzakat memakai beras raskin," ujar Ustadz Somad.

5. Memperbanyak takbir
Mengagungkan nama Allah menjadi satu amalan yang juga penting di 10 hari terakhir Ramadhan. Tidak harus di masjid dan beramai-ramai, cukup sendiri di rumah. "Jangan bayangkan takbir mesti di masjid. Ibu sambil membersihkan toples bisa membaca takbir juga," demikian UAS.

 

 




Menyambungkan Jiwa dengan Al-Qur’an

Sebelumnya

Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur