Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SUATU waktu, Nabi Muhammad Saw. mendapat nasihat dari Malaikat Jibril untuk umatnya. Nasihat itu dapat dijadikan pedoman, karena pesan yang tersirat didalamnya dapat menjadi nasihat sepanjang masa yang pasti dialami oleh umat Nabi.

Dari Sahl bin Sa'ad berkata, "Rasulullah Saw. bersabda:

تَانِي جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ،

"Jibril mendatangiku lalu berkata, 'Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.'" (HR ath-Thabarabi dalam al-Mu'jam al-Ausath no 4278, Abu Nu'aim dalam Hilyatul Auliyaa, al-Hakim dalam al-Mustadrak 7921. Hadis ini dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadis ash-Shahihah 2/483)

Apa saja nasihatnya?

1. Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati

Sebaik-baiknya nasihat adalah kematian. Dari nasihat ini kita tahu kematian merupakan hal yang pasti dan tidak mungkin mahluk dapat terhindar darinya. Jalan hidup merupakan suatu pilihan, menjadi buruk atau baik itu pilihan, menjadi pendosa atau bertakwa itu juga pilihan, pun menjadi hina atau mulia.

Apapun dan bagaimanapun jalan hidup yang dipilih, ingatlah bahwa kematian itu pasti. Kematian bukan akhir, tapi awal di mana kita menjalani dunia baru yang sangat berbeda dari kehidupan dunia.

2. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya

Manusia ditakdirkan sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia memiliki hati untuk saling berkasih sayang. Namun sebesar apapun rasa cinta itu, tetaplah perpisahan pada akhirnya. Baik cinta kepada manusia, kepada mahluk lainnya, cinta kakak kepada adik, murid kepada guru, wanita kepada laki-laki, bahkan cinta orangtua kepada anak. Semua akan berpisah pada waktunya. Hanya satu cinta abadi, yaitu cinta kepada Allah Swt.

3. Dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya

Sekecil apapun kebaikanmu, Allah pasti akan membalasnya. Setiap kebaikan atau keburukan, semua akan dipertanggungjawabkan dan dibalas oleh Allah, baik langsung maupun tidak.

Karenanya perlu diingat, bahwa tidak ada perbuatan yang sia-sia. Semua akan ada perhitungannya. Jadi, alangkah baiknya jika kita merefleksi diri ketika hendak melakukan sesuatu.

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur