Kediaman resmi wakil presiden di Naval Observatory yang berlokasi 2,5 mil dari Gedung Putih/ Net
Kediaman resmi wakil presiden di Naval Observatory yang berlokasi 2,5 mil dari Gedung Putih/ Net
KOMENTAR

WAKIL Presiden AS Kamala Harris dan suaminya, Douglas Emhoff hingga akhir Maret 2021 belum juga menempati kediaman resmi wakil presiden di Naval Observatory yang berlokasi 2,5 mil dari Gedung Putih.

Sejak mengucap sumpah jabatan sebagai wakil presiden, Kamala dan Douglas masih menetap di Blair House; pesanggrahan mewah Presiden AS yang juga ditempati Joe Biden jelang pelantikannya pada 20 Januari 2021 lalu.

Blair House ibarat hotel yang super mewah, baik dari interior maupun akomodasi. Dipenuhi barang antik dan potongan sejarah Amerika berkualitas museum, salon rambut dan gym, berbagai fasilitas lain, serta dilayani staf profesional yang bersiaga penuh.

Meski demikian, Blair House tidak memiliki kenyamanan sebagai sebuah rumah (home) bagi Kamala-Douglas.

Kamar tidur utama didesain dan didekorasi ulang oleh desainer Thomas Pheasant pada tahun 2012. Di dalamnya terdapat ranjang besar dengan kanopi berbungkus kain dan perabot mewah, jauh dari kesan California modern yang disukai Kamala. Seperti tercermin dari kondominium Sang Wakil Presiden yang berkesan minimalis, rapi, dan eco-chic.

Penundaan kepindahan Kamala berkaitan dengan renovasi yang belum selesai di Naval Observatory. Dari penelusuran beragam kontrak pemerintah, diketahui bahwa renovasi tersebut memang melibatkan faktor krusial seperti perbaikan 7 perapian, serta pembaruan sistem tangki, pipa saluran, pemanas, dan AC. Namun tidak ada pejabat berwenang yang mau  berkomentar tentang alasan mengapa renovasi tersebut belum rampung, seperti dilaporkan CNN.

Salah satu yang membuat resah Kamala karena tak kunjung menempati kediaman resminya adalah karena ia tak sabar untuk memasak. Kamala dikabarkan meminta perbaikan juga dilakukan di dapur Naval Observatory.

Kamala dan Douglas dikenal sebagai pasangan yang senang menghabiskan waktu bersama di dapur untuk memasak dan menikmati hidangan lezat. Dalam beberapa wawancara, Kamala mengaku bahwa memasak menjadi sebuah terapi baginya. Memasak menjadi sebuah meditasi dan kesempatan untuk bersantai sekaligus dekat dengan keluarga.

Naval Observatory jauh berbeda dari Blair House. Kediaman resmi wakil presiden yang berlokasi di area One Observatory Circle itu ditinggali lebih sedikit staf dan formalitas yang lebih longgar. Itulah rumah yang sesuai bagi Kamala dan Douglas.

Sekilas, Naval Observatory yang berdekatan dengan beberapa kedutaan besar itu terlihat seperti rumah dengan daun jendela berwarna hijau yang bisa menjadi milik siapa pun. Tapi rumah berusia lebih dari 128 tahun itulah yang akan ditempati Kamala Harris setidaknya untuk 4 tahun ke depan. Dan rumah itu tidak terbuka untuk umum.

Menempati lahan seluas hampir 30 hektar, rumah bergaya Queen Anne itu dilengkapi perpustakaan, dapur di rubanah, taman indah, dan kolam renang—yang menjadi favorit Joe Biden saat menempatinya selama 8 tahun.

Dibangun pada tahun 1893 oleh arsitek Leon E. Dessez, Naval Observatory awalnya diperuntukkan untuk tempat tinggal para pemimpin Angkatan Laut bersama keluarga mereka.

Presiden Joe Biden bahkan membandingkan Naval Observatory dengan White House. Menurut Biden, Gedung Putih ibarat "sangkar emas" yang tidak memungkinkannya sebebas dulu.

Ia pun mengenang masa indahnya selama berada di Naval Observatory saat menjadi wakil Barack Obama. Bersantai di taman, berenang dan menggelar pesta di area kolam renang saat musim panas, bersepeda, melakuan exercise, dan memandangi seluruh kota. Semuanya bisa dilakukan tanpa harus keluar dari lingkungan rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News