Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEBUAH studi yang diterbitkan jurnal Public Library of Science menjelaskan bahwa nutrisi berperan amat penting membantu efektivitas vaksin di dalam tubuh. Dengan nutrisi yang baik, respons kekebalan tubuh terhadap vaksin dapat menguat.

Tak hanya setelah menerima vaksin, kita juga harus menjaga pola makan sehat sehari-hari sekali pun kita belum mendapat giliran vaksinasi atau saat menjelang divaksin.

Di masa pandemi ini, kita tidak boleh lengah menjaga kesehatan tubuh dengan mencermati dan memfilter makanan sehat untuk dikonsumsi seluruh keluarga.

Bagi #Sahabat Farah yang akan menerima vaksin dalam waktu dekat, sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi setelah vaksinasi. Yuk, perhatikan makanan yang harus dikonsumsi vs makanan yang harus dihindari berikut ini, dihimpun dari berbagai sumber.

Makanan Yang Harus Dihindari

• Makanan cepat saji dan makanan olahan, karena di dalamnya terkandung proses dengan kandungan garam, tambahan lemak jenuh yang tinggi.
• Minuman berenergi, minuman soda, dan minuman beralkohol, karena alkohol dikhawatirkan memengaruhi respons vaksin membentuk antibodi dan berdampak negatif bagi kekebalan tubuh. Sedangkan minuman soda (berpemanis) sudah pasti menyumbang risiko pada diabetes, kerusakan gigi, kolesterol tinggi, hingga pembentukan lemak.

Makanan Yang Harus Dikonsumsi

Lalu apa saja yang sebaiknya dimakan setelah kita menerima vaksin?

Orang yang menerima vaksin dapat mengalami berbagai efek samping. Meskipun tidak terjadi pada semua penerima vaksin, ada beberapa orang yang mengalami efek samping hingga beberapa jam termasuk demam, kelelahan, sakit kepala, juga kedinginan.

Ketika kita merasa tidak enak badan, kita pasti akan mencari makanan yang dapat membuat kita merasa lebih baik dan nyaman. Salah satu favorit banyak orang adalah sup ayam.

Karena itulah, para ahli merekomendasikan sup ayam sebagai makanan terbaik setelah menerima vaksin Covid-19.

Berdasarkan jurnal CHEST dan UCLA Center for East-West Medicine, dikatakan bahwa elemen klasik yang terdapat di dalam sup yaitu ayam, bawang, wortel, seledri, parsley, garam, dan lada terbukti membantu melawan infeksi peradangan.

Sup berbasis kaldu juga makanan lezat yang mudah diseruput saat kita merasa kurang enak badan akibat cuaca tak menentu. Tak hanya lezat, semangkuk sup juga merupakan booster untuk imunitas tubuh, apalagi jika ditambahkan kale, brokoli, kacang, dan kentang.

Makanan penambah kekebalan tubuh diharapkan dapat membantu pemulihan dalam waktu cepat. Makanan dengan kandungan air tinggi juga menjadi penting sebagai pengganti cairan yang hilang setelah menerima vaksin Covid-19.

 




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health