Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SETIAP anak memiliki karakter khas yang akan mereka kembangkan sendiri. Karakter adalah tabiat, sifat atau kejiwaan dan budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Jika sebelumnya telah dibahas, apa saja yang bisa orangtua lakukan untuk membentuk karakter positif anak, sekarang kita kupas mengenai 8 ucapan yang sebaiknya diajarkan Ayah Bunda untuk membentuk karakter positif anak.

1. Salam

Ajarkan dan biasakan anak mengucap "assalamualaikum", setiap masuk rumah atau masuk kamar orangtua. Ucapan ini akan membentuk jiwa penuh kedamaian pada anak.

2. Dzikir

Biasakan ucapan yang mengandung dzikir kepada Allah dalam merespon sesuatu. Misalnya subhanallah, alhamdulillah, masya Allah, astagfirullah, insya Allah, barakallah, bukan lagi ucapan astaga. Dzikir membentuk karakter takwa pada diri anak.

3. Tolong

Biasakan anak mengucapkan kata tolong setiap ia meminta bantuan orang lain. Jika terbiasa dengan kata ini, akan tumbuh karakter rendah hati dan tidak sombong.

4. Terimakasih

Biasakan mengucapkan kata terimakasih untuk berbagai hal yang positif, sebagai apresiasi kepada orang lain yang telah memberikan pertolongan. Anak yang tumbuh dengan menghargai orang lain akan menumbuhkan kebesaran jiwa.

5. Maaf

Ajarkan anak untuk mudah meminta maaf walaupun ia tidak melakukan kesalahan. Anak yang terbiasa minta maaf akan tumbuh rasa kasih sayang dan empati.

6. Okay

Ajarkan anak untuk biasa mengatakan 'okay', 'iya', atau 'siap', sebagai respon dari nasihat atau perintah orangtua. Kadang saat Ayah atau Bunda meminta anak melakukan sesuatu, mereka hanya mengangguk atau diam. Ucapan ini akan membentuk karakter menghargai orang lain dan peduli.

7. Izin

Biasakan anak meminta izin dalam segala kondisi dan situasi, misalnya ketika ingin menggunakan benda yang bukan miliknya. Kata ini membentuk karakter tertib.

8. Bisa
 
Ajarkan anak berpikir dan bersikap optimistik. 'Aku Bisa!' adalah ungkapan optimistik, membuat anak tumbuh dengan percaya diri. Seperti dikutip dari @dokterparentingofficial.

Kata-kata ini sebenarnya adalah kata-kata biasa, yang bila diajarkan kepada anak akan membentuk karakter positif pada dirinya. Yuk Ayah Bunda, ajarkan sejak dini!

 




Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Sebelumnya

Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting