post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KABAR masuknya varian baru virus Covid-19 disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Varian baru virus Corona diberikan sudah ada di Indonesia, masuk Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," kata Emil, Rabu (3/3/2021).

Sebagai upaya antisipasi agar tidak tertular varian baru virus Corona B117, Pakar Kesehatan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Kusnandi Rusmil memberikan tips. Di antaranya termasuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

"Nggak boleh sembarangan, nggak pergi ke mana-mana kalau enggak perlu, jaga daya tahan tubuh kita, enggak ada yang lain," tuturnya seperti dikutip dari detik.com

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tidak tertular Corona B117, dikutip dari berbagai sumber :

1. Sering mencuci tangan

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Selain itu juga bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol jika tidak ada air dan sabun.

Mencuci tangan disebut bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi. Perlu untuk diketahui bahwa mencuci dan membersihkan tangan dilakukan saat melepas masker, sebelum menyentuh hidung, mata, dan mulut.

2. Menggunakan dua lapis masker

CDC menyebut pemakaian dua lapis masker dianjurkan untuk mengurangi risiko infeksi Corona. Pemakaian masker rangkap ini sangat disarankan teruma jika berada di tempat dengan penularan berisiko tinggi.

Saat bepergian ke tempat ramai, menggunakan masker double lebih disarankan daripada mengenakan masker yang tipis. Jika kamu tidak memungkinkan memakai masker rangkap, gunakan masker yang memiliki dua atau tiga lapis di dalamnya.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa jenis masker, kualitas, dan kesesuaian masker saat bepergian. Kenakan masker yang pas sesuai dengan bentuk wajah, yang menutupi hidung, mulut dengan baik dan mencegah masuknya kuman.

3. Kurangi nongkrong

Perlu diingat, saat ini siapa saja yang kamu temui di luar rumah akan memicu risiko tertular COVID-19 dan bahkan mungkin membuat pelacakan untuk Corona menjadi lebih sulit.

Upaya untuk mempraktikan jaga jarak juga harus dilakukan dengan baik setiap kali kamu keluar rumah. Hindari dulu untuk bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu di masa pandemi ini.

4. Vaksinasi

Vaksinasi dikatakan menjadi upaya yang bisa membantu adanya lonjakan virus yang berulang. Hal ini juga membantu mencapai kekebalan kelompok lebih dekat, dan bisa mengurangi keparahan infeksi.

Selain itu, ahli menyarankan untuk segara divaksin jika sudah tersedia. Saat ini, upaya vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan kelompok prioritas dan kelompok yang rentan.

 

Close X

Apakah Vaksin Covid-19 di Indonesia Dapat Melindungi Orang Dengan Komorbid?

Sebelumnya

Kemenkes Ungkap Kecenderungan Varian Delta Banyak Ditularkan Pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health