Ilustrasi suntik vaksin/Net
Ilustrasi suntik vaksin/Net
KOMENTAR

KOREA Selatan tengah menyelidiki kasus kematian dua lansia yang terjadi beberapa hari setelah mereka mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca.

Berdasarkan laporan Yonhap, kedua lansia tersebut sudah memiliki penyakit bawaan sebelum divaksinasi.

Salah satunya merupakan seorang pasien panti jompo berusia 63 tahun dengan penyakit serebrovaskular. Ia mengalami gejala seperti demam tinggi setelah diberi suntikan vaksin.

Lansia itu dilarikan ke rumah sakit yang lebih besar pada Selasa (2/3). Tetapi akhirnya meninggal setelah menunjukkan gejala keracunan darah dan pneumonia.

Sementara yang lainnya adalah lansia berusia 50-an dengan gangguan jantung dan diabetes. Ia meninggal pada Rabu (3/3), setelah menderita beberapa serangan jantung, usai menerima vaksin yang sama sehari sebelumnya.

Pihak Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengaku masih menyelidiki dua kasus tersebut. Namun tidak menanggapi laporan Yonhap.

Di sisi lain, jurubicara AstraZeneca enggan berkomentar.

Korea Selatan telah memulai program vaksinasi nasional sejak pekan lalu. Hingga Selasa malam, sudah ada 85.904 orang yang telah menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca,  dan 1.524 telah diberi vaksin Pfizer-BioNtech.

Hingga saat ini, Korea Selatan sudah melaporkan 90.816 kasus Covid-19, dengan 1.612 kematian.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News