Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan menjadi tiga teratas untuk penanganan Covid-19 paling baik di dunia/Net
Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan menjadi tiga teratas untuk penanganan Covid-19 paling baik di dunia/Net
KOMENTAR

SETELAH lebih dari satu tahun pandemi Covid-19, hanya segelintir negara yang mampu menangani wabah dengan baik.

Sebuah Indeks Kinerja Covid yang diterbitkan oleh The Lowy Institute pada Kamis (28/1) menunjukkan, Selandia Baru, Vietnam, dan Taiwan berada di peringkat tiga teratas yang berhasil menangani pandemi.

Di sisi lain, Inggris dan Amerika Serikat (AS) berada di urutan terbawah.

Dalam indeks tersebut tidak termasuk China karena kurangnya data yang tersedia.

Dikutip dari Reuters, negara-negara yang masuk ke dalam 10 besar penanganan Covid-19 yang baik selain tiga negara di atas adalah Thailand, Siprus, Rwanda, Islandia, Australia, Latvia, dan Sri Lanka. Negara-negara tersebut mencatat sedikit infeksi dan angka kematian.

The Lowy Instute sendiri mengevaluasi 98 negara dalam 36 pekan setelah kasus Covid-19 ke-100 yang dikonfirmasi, menggunakan data yang tersedia hingga 9 Januari 2021.

Indikator yang digunakan di antaranya rata-rata 14 hari dari angka harian baru dihitung untuk kasus yang dikonfirmasi, kasus yang dikonfirmasi per juta orang, kematian yang dikonfirmasi, kematian yang dikonfirmasi per juta orang, kasus yang dikonfirmasi sebagai proporsi tes, dan tes per seribu orang.

Indeks tersebut menunjukkan negara-negara di Asia-Pasifik terbukti paling berhasil dalam mengatasi pandemi, dibandingkan Eropa dan AS yang sudah kewalahan menangani Covid-19.

"Tingkat perkembangan ekonomi atau perbedaan dalam sistem politik antar negara memiliki dampak yang lebih kecil pada hasil daripada yang sering diasumsikan atau dipublikasikan," kata Lowy Institute dalam analisisnya.

"Secara umum, negara dengan populasi yang lebih kecil, masyarakat yang kohesif, dan lembaga yang mampu memiliki keunggulan komparatif dalam menghadapi krisis global seperti pandemi," lanjut lembaga tersebut.

Saat ini, virus corona sudah menginfeksi lebih dari 100 juta kasus Covid-19 di dunia, dengan angka kematian melebihi 2 juta.

AS dengan 25 juta kasus Covid-19 berada pada peringkat ke-94, India dengan lebih dari 11 juta kasus berada di peringkat ke-86, dan Inggris berada di posisi ke-66.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News