Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KASUS Covid-19 Selasa (26/1) menembus angka 1 juta. Beberapa langkah khusus tengah disiapkan. Pemerintah untuk menekan laju penularan yang lebih besar lagi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/1) mengatakan, saat ini pemerintah terus mengevaluasi dan memutuskan akan melakukan langkah khusus guna menangani lonjakan kasus ini.

"Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan agar jajaran menteri membuat strategi dan pendekatan berbeda guna penanganan yang lebih baik. Salah satunya tentang karantina wilayah terbatas sampai tingkat mikro, yaitu di lingkup RT dan RW," kata Muhadjir.

Karantina terbatas ini diikuti dengan tracing, tracking, dan testing, juga protokol kesehatan 3M dan pengobatan kepada pasien positif Covid-19.

Muhadjir, yang juga Wakil Ketua III KPC-PEN ini memaparkan, karantina terbatas rencananya akan dilakukan untuk mendalami kasus yang ada di suatu wilayah dan melakukan pemisahan masyarakat dengan kasus positif dengan dilakukan isolasi mandiri atau isolasi kolektif. Namun bagaimana teknisnya, masih akan dibahas secara detil.

"Presiden sudah memesan agar sungguh-sungguh diterapkan karantina terbatas, kemudian isolasi mandiri, dan kalau tidak memungkinkan, dilakukan jsasi kolektif secara terpusat," lanjut dia.

Langkah lainnya adalah pengalokasian tempat tidur pasue . Selama ini, mayoritas rumah sakit belum optimal dalam penyediaan tempat tidur dan ruang perawatan pasien.

"Yang sudah dilakukan Pak Menkes adalah memberikan edaran ke RS agar melonggaekan alokasi tempat tidur, demikian Muhadjir.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News