post image
Para pembicara dalam Launching Virtual Royco Garam Beriodium, Senin (25/1)/ Foto: Tangkapan layar
KOMENTAR

DI balik ancaman gizi buruk, Indonesia juga memiliki masalah kelebihan gizi. Namun, ada juga masalah yang perlu diwaspadai, yaitu hidden hunger.

Hidden hunger adalah bentuk kekurangan gizi mikro berupa defisiensi zat besi, yodium, asam folat, vitami A dan beberapa jenis vitamin B yang tersembunyi.

Menurut Prof Dr Ir Dodik Briawan, MCN Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB University, Indonesia memiliki beban hidden hunger yang besar. Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan, 48,9 % ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium.

"Masyarakat seringkali masih abai akan masalah ini, karena meskipun makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, penderitanya tidak merasa kelaparan karena asupan gizi makronya sudah terpenuhi. Jika tidak segera mendapatkan perhatian, akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang – baik secara fisik maupun psikis," jelas Dodik saat menjadi pembicara dalam Launching Virtual Royco Garam Beriodium, Senin (25/1).

Pada ibu hamil, dampak hidden hunger dapat menurun kepada anaknya. Ibu yang kekurangan gizi bisa mengalami anemia dan melahirkan anak yang juga berisiko tinggi kekurangan gizi, bahkan stunting.

Dan di Indonesia, angka anak yang gagal tumbuh cukup tinggi. Angka tersebut tidak dapat dikurangi hanya dengan memberi makan yang banyak, karena itu justru berisiko memunculkan penyakit jantung, diabetes melitus, stroke, dan hipertensi.

Sadar betul akan bahaya-bahaya ini, Royco hadir dengan inovasi baru, yaitu menambahkan garam beriodium pada produk terbarunya. Ini merupakan kelanjutan dari program Royco NutriMenu.

"Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat. Sejalan dengan itu, Royco melakukan gerakan berkelanjutan berupa Gerakan Pangan Untuk Masa Depan Berkelanjutan, agar keluarga Indonesia terinspirasi untuk menghidangkan menu sehat," kata Herbie Raharja, Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia TBK.

Tantri Syalindri, penyanyi sekaligus ibu dari dua anak berharap ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari.

"Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi, sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal," demikian Tantri.

 

 

Close X

3 Rekomendasi Kebangkitan Bangsa di Bidang Kesehatan, Perekonomian, Diplomasi, dan Kehidupan Sosial

Sebelumnya

Saatnya Pelaku Usaha Bangkit, Chairman ICCIA Abdullah Saleh Kamel: Tak Ada Waktu Untuk Pesimis!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah C&E